Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Sederhana supaya Tetap Aman saat Listrik Padam

Pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja. Bahkan tak jarang pemadaman listrik terjadi dalam waktu cukup lama sehingga menimbulkan kepanikan tersendiri. Bagaimana tidak, hampir seluruh aktivitas keseharian membutuhkan sumber daya listrik. Namun demikian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat listrik mati supaya tidak menimbulkan bahaya dan tetap aman.

Tips Sederhana supaya Tetap Aman saat Listrik Padam

Hal-Hal Penting untuk Diperhatikan ketika Listrik Mati

Saat terjadi pemadaman listrik, tak jarang sebagian orang memiliki kebiasaan yang ternyata bisa memicu bahaya. Inilah mengapa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mati listrik agar tetap aman dan jauh dari bahaya.

1. Cabut Semua Kabel yang Terkoneksi pada Saklar Listrik

Banyak orang kurang memahami pentingnya mencabut kabel perangkat elektronik yang terkoneksi dengan saklar saat listrik mati. Meski saat listrik padam tidak ada aliran listrik pada kabel tersebut. Hal ini bukan berarti tidak memungkinkan terjadi konsleting ataupun hubungan arus pendek saat listrik sudah kembali menyala. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, inilah mengapa penting untuk selalu mencabut semua kabel yang terkoneksi dengan saklar listrik.

2. Sediakan Sumber Penerangan Alternatif

Ketika listrik mati terutama saat malam hari maka Anda pastinya butuh penerangan alternatif. Anda sebaiknya memiliki persediaan sumber penerangan alternatif seperti lampu senter, lampu minyak, ataupun lilin. Pastikan Anda memilih sumber penerangan alternatif yang aman. Penggunaan sumber penerangan dari cahaya api memiliki potensi bahaya lebih besar. Jadi, bila Anda ingin menggunakan lampu minyak ataupun lilin, Anda sebaiknya juga cukup berhati-hati dan tidak sampai lengah karena kelengah bisa menimbulkan dampak yang sangat fatal, seperti kebakaran.

3. Biarkan Pintu Lemari Es Tetap dalam Kondisi Tertutup

Tak sedikit orang membuka pintu lemari es saat mati listrik karena mereka tidak ingin bahan ataupun makanan yang ada di dalamnya rusak atau busuk. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa cara yang lebih aman untuk menghindari kerusakan pada bahan makanan yang tersimpan di lemari es adalah dengan membiarkan pintu lemari es tertutup rapat. Suhu dingin yang ada di dalam lemari es mampu bertahan sekitar 3 hingga 4 jam sehingga diyakini mampu menjaga kondisi makanan tetap bagus.

Namun, bila pemadaman listrik terjadi lebih dari 4 jam maka Anda sebaiknya mulai mengeluarkan bahan makanan yang mudah rusak dari lemari es seperti susu murni, daging, ataupun yoghurt.

4. Menyalakan Peralatan Elektronik Satu per Satu saat Listrik Menyala

Ketika listrik sudah menyala kembali, Anda sebaiknya tidak menyalakan berbagai peralatan elektronik secara bersamaan. Anda sebaiknya menyalakannya satu demi satu untuk mencegah terjadinya lonjakan arus listrik yang terlalu besar dan bisa memicu hubungan arus pendek. Anda bisa memulainya dari peralatan yang paling penting dan berlanjut ke peralatan lainnya.

Beberapa hal di atas bisa meminimalisir potensi bahaya ketika terjadi pemadaman listrik. Pastikan tetap berhati-hati dan tidak lengah supaya Anda tetap aman meski sedang listrik mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now