Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Sederhana untuk Membersihkan Printer

Ketika memiliki sebuah perangkat elektronik, terlebih yang jika perangkat tersebut cukup berharga, maka sudah seharusnya dilakukan perawatan secara berkala. Salah satu contoh produk elektronik yang memerlukan perawatan tersebut adalah printer.

Umumnya printer kita gunakan untuk mencetak tulisan, gambar, maupun bentuk file lainnya. Agar dapat berjalan secara maksimal, maka sebaiknya printer dibersihkan secara berkala. Bagaimana cara membersihkannya? Mari simak informasi seputar tips sederhana untuk membersihkan printer berikut ini.

Tips Sederhana untuk Membersihkan Printer

Ingin Bersihkan Printer? Begini Tips-Tipsnya

Printer perlu dibersihkan? Tentu saja iya. Sebab terkadang hasil cetakan menjadi jelek dikarenakan printer kurang dirawat. Namun perlu diingat membersihkan printer tidak harus secara mekanikal, akan tetapi dilakukan melalui sistem yang melekat padanya. Biasanya hal itu dapat dilakukan pada menu print sebagaimana ketika ingin mencetak sebuah dokumen. Agar lebih jelas mari perhatikan beberapa tips berikut.

1. Kenali Jenis Printer

Tips pertama yang dapat diperhatikan adalah kenali jenis printernya. Penting untuk diketahui bahwa berbeda jenis printer, maka akan sedikit berbeda cara untuk membersihkannya. Sebab sistem softwarenya pun berbeda, sehingga harus paham terlebih dahulu jenis printer yang dimiliki. Bahkan ada pula jenis printer yang tidak memerlukan pembersihan, sebab sistemnya yang didesain sedemikian rupa.

2. Bersihkan Menggunakan Softwarenya

Tips kedua, silahkan lakukan pembersihan menggunakan software dari printer tersebut. Caranya buka menu printer dan lakukan langkah-langkah seperti akan mencetak dokumen. Berikutnya pilih menu pengaturan atau setting atau properties pada tampilan dialog software printer tersebut. Selanjutnya cari menu pembersihan atau perawatan dan biarkan sistem bekerja secara otomatis.

3. Lakukan Uji Coba Cetak

Pada saat melakukan pembersihan printer, jangan lupa untuk menyediakan beberapa lembar kertas. Kertas yang digunakan dapat berupa kertas bekas agar bisa lebih menghemat penggunaan stock kertas. Apabila sistem telah selesaikan melakukan pembersihan, maka cobalah untuk melakukan uji coba cetak. Uji coba ini bertujuan untuk mengukur kualitas hasil print setelah dibersihkan.

4. Ulangi Pembersihan Jika Hasil Cetak Kurang Maksimal

Tips keempat untuk melakukan pembersihan printer adalah memperhatikan hasil uji coba cetak tadi. Jika memang hasil cetakan masih kurang maksimal, maka ada baiknya pembersihkan diulangi sekali lagi.

Biasanya ada salah satu jenis printer, pembersihan tersebut tersedia dalam dua level, yaitu level biasa dan level pembersihan tingkat lanjut. Ketika hasil cetakan berikutnya telah bagus, maka pembersihan telah berhasil dilakukan dan printer dapat digunakan seperti sedia kala.

Itulah tadi beberapa tips yang sekiranya dapat diperhatikan pada saat melakukan pembersihan printer. Ingatlah untuk melakukan pembersihan printer ini secara berkala.

Terlebih jika printer memang cukup aktif digunakan, sehingga sudah pasti memerlukan perawatan yang baik, termasuk melakukan pembersihan. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat memberikan wawasan bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya