Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti mengetahui secara langsung betapa pentingnya sebuah hubungan baik yang terbangun dengan konsumen.<\/p>\n
Membangun hubungan adalah sebuah kunci agar Anda dapat mempelajari kebutuhan pelanggan.<\/p>\n
Melalui ini juga, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan yang akan kembali, karena mereka merasa nyaman untuk membeli barang atau jasa dari Anda.<\/p>\n
Pada akhirnya hubungan yang terbangun ini akan mempengaruhi profit dari bisnis.<\/p>\n
<\/p>\n
Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.<\/p>\n
Di saat pelanggan merasa dilibatkan, mereka akan merasa dihargai oleh Anda. Melalui rasa dihargai ini yang kemudian dapat membangun hubungan dengan baik.<\/p>\n
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan pelanggan yang setia.<\/p>\n
Yang pertama dilakukan adalah komunikasi. Sebagai kunci untuk hubungan baik, komunikasi adalah cara terpenting untuk membangun hubungan dengan pelanggan.<\/p>\n
Mempromosikan bisnis Anda dan mendengarkan pelanggan Anda sama pentingnya. Daripada hanya memberitahu pelanggan tentang bisnis Anda, bicaralah dengan mereka.<\/p>\n
Cari tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan, lalu tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.<\/p>\n
Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda, mereka akan membuat perasaan mereka diketahui.<\/p>\n
Mintalah umpan balik dari pelanggan untuk menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan.<\/p>\n
Lakukan survei, hubungi pelanggan Anda satu per satu untuk menanyakan pendapat mereka tentang barang atau jasa yang dibelinya.<\/p>\n
Umpan balik dari pelanggan akan membantu Anda mengasah kebutuhan spesifik pelanggan sehingga Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah mereka.<\/p>\n
Semakin baik penawaran Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar bisnis Anda dapat berkembang.<\/p>\n
Selalu dengarkan baik-baik komentar yang ada dan tanggapi dengan segera, baik tu pujian ataupun keluhan.<\/p>\n
Bahkan umpan balik negatif adalah sesuatu yang berharga dan bisa memberi Anda ukuran kepuasan pelanggan yang jujur.<\/p>\n
Dengan teknologi, ada lebih banyak cara untuk memulai percakapan dengan pelanggan Anda daripada sebelumnya.<\/p>\n
Ada banyak alat online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan. Bila Anda terlibat dengan pelanggan secara online, berhati-hatilah untuk tidak membuat percakapan satu arah.<\/p>\n
Ajukan pertanyaan kepada pelanggan, dan tanggapi pertanyaan mereka. Mulailah sebuah blog untuk melibatkan pelanggan dan calon pelanggan Anda. Bangun hubungan dengan pelanggan melalui kehadiran online Anda.<\/p>\n
Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan aplikasi program loyalitas untuk melacak pelanggan setia.<\/p>\n
Dengan program loyalitas, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, pelanggan mendapatkan hadiah.<\/p>\n
Nah dengan begitu Melalui hubungan baik yang terjalin, proses pertumbuhan bisnis pastilah akan berlangsung maksimal, dan seiring dengan pertumbuhan bisnis.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\n