Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794
{"id":2511,"date":"2020-08-27T03:38:00","date_gmt":"2020-08-27T03:38:00","guid":{"rendered":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?p=2511"},"modified":"2020-08-30T03:49:24","modified_gmt":"2020-08-30T03:49:24","slug":"tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/","title":{"rendered":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia"},"content":{"rendered":"\n

Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti mengetahui secara langsung betapa pentingnya sebuah hubungan baik yang terbangun dengan konsumen.<\/p>\n

Membangun hubungan adalah sebuah kunci agar Anda dapat mempelajari kebutuhan pelanggan.<\/p>\n

Melalui ini juga, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan yang akan kembali, karena mereka merasa nyaman untuk membeli barang atau jasa dari Anda.<\/p>\n

Pada akhirnya hubungan yang terbangun ini akan mempengaruhi profit dari bisnis.<\/p>\n

\"Tips<\/p>\n

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelanggan Yang Setia<\/h2>\n

Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.<\/p>\n

Di saat pelanggan merasa dilibatkan, mereka akan merasa dihargai oleh Anda. Melalui rasa dihargai ini yang kemudian dapat membangun hubungan dengan baik.<\/p>\n

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan pelanggan yang setia.<\/p>\n

1. Komunikasi<\/h4>\n

Yang pertama dilakukan adalah komunikasi. Sebagai kunci untuk hubungan baik, komunikasi adalah cara terpenting untuk membangun hubungan dengan pelanggan.<\/p>\n

Mempromosikan bisnis Anda dan mendengarkan pelanggan Anda sama pentingnya. Daripada hanya memberitahu pelanggan tentang bisnis Anda, bicaralah dengan mereka.<\/p>\n

Cari tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan, lalu tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.<\/p>\n

2. Meminta feedback<\/h4>\n

Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda, mereka akan membuat perasaan mereka diketahui.<\/p>\n

Mintalah umpan balik dari pelanggan untuk menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan.<\/p>\n

Lakukan survei, hubungi pelanggan Anda satu per satu untuk menanyakan pendapat mereka tentang barang atau jasa yang dibelinya.<\/p>\n

Umpan balik dari pelanggan akan membantu Anda mengasah kebutuhan spesifik pelanggan sehingga Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah mereka.<\/p>\n

Semakin baik penawaran Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar bisnis Anda dapat berkembang.<\/p>\n

Selalu dengarkan baik-baik komentar yang ada dan tanggapi dengan segera, baik tu pujian ataupun keluhan.<\/p>\n

Bahkan umpan balik negatif adalah sesuatu yang berharga dan bisa memberi Anda ukuran kepuasan pelanggan yang jujur.<\/p>\n

3. Menggunakan media online<\/h4>\n

Dengan teknologi, ada lebih banyak cara untuk memulai percakapan dengan pelanggan Anda daripada sebelumnya.<\/p>\n

Ada banyak alat online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan. Bila Anda terlibat dengan pelanggan secara online, berhati-hatilah untuk tidak membuat percakapan satu arah.<\/p>\n

Ajukan pertanyaan kepada pelanggan, dan tanggapi pertanyaan mereka. Mulailah sebuah blog untuk melibatkan pelanggan dan calon pelanggan Anda. Bangun hubungan dengan pelanggan melalui kehadiran online Anda.<\/p>\n

4. Memberikan Apresiasi<\/h4>\n

Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan aplikasi program loyalitas untuk melacak pelanggan setia.<\/p>\n

Dengan program loyalitas, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, pelanggan mendapatkan hadiah.<\/p>\n

Nah dengan begitu Melalui hubungan baik yang terjalin, proses pertumbuhan bisnis pastilah akan berlangsung maksimal, dan seiring dengan pertumbuhan bisnis.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\nTips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT<\/title>\n<meta name=\"description\" content=\"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.\" \/>\n<meta name=\"robots\" content=\"index, follow, max-snippet:-1, max-image-preview:large, max-video-preview:-1\" \/>\n<link rel=\"canonical\" href=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\" \/>\n<meta property=\"og:locale\" content=\"en_US\" \/>\n<meta property=\"og:type\" content=\"article\" \/>\n<meta property=\"og:title\" content=\"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\" \/>\n<meta property=\"og:description\" content=\"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.\" \/>\n<meta property=\"og:url\" content=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\" \/>\n<meta property=\"og:site_name\" content=\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\" \/>\n<meta property=\"article:author\" content=\"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment\" \/>\n<meta property=\"article:published_time\" content=\"2020-08-27T03:38:00+00:00\" \/>\n<meta property=\"article:modified_time\" content=\"2020-08-30T03:49:24+00:00\" \/>\n<meta property=\"og:image\" content=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2020\/08\/Tips-Membuat-Pelanggan-Selalu-Nyaman-Dan-Setia.jpg\" \/>\n<meta name=\"author\" content=\"wijayako\" \/>\n<meta name=\"twitter:card\" content=\"summary_large_image\" \/>\n<meta name=\"twitter:label1\" content=\"Written by\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data1\" content=\"\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:label2\" content=\"Est. reading time\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data2\" content=\"2 minutes\" \/>\n<script type=\"application\/ld+json\" class=\"yoast-schema-graph\">{\"@context\":\"https:\/\/schema.org\",\"@graph\":[{\"@type\":\"Article\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#article\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\"},\"author\":{\"name\":\"wijayako\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440\"},\"headline\":\"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia\",\"datePublished\":\"2020-08-27T03:38:00+00:00\",\"dateModified\":\"2020-08-30T03:49:24+00:00\",\"mainEntityOfPage\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\"},\"wordCount\":435,\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\"},\"articleSection\":[\"Artikel\"],\"inLanguage\":\"en-US\"},{\"@type\":\"WebPage\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\",\"name\":\"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website\"},\"datePublished\":\"2020-08-27T03:38:00+00:00\",\"dateModified\":\"2020-08-30T03:49:24+00:00\",\"description\":\"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.\",\"breadcrumb\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#breadcrumb\"},\"inLanguage\":\"en-US\",\"potentialAction\":[{\"@type\":\"ReadAction\",\"target\":[\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/\"]}]},{\"@type\":\"BreadcrumbList\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#breadcrumb\",\"itemListElement\":[{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":1,\"name\":\"Home\",\"item\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\"},{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":2,\"name\":\"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia\"}]},{\"@type\":\"WebSite\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\",\"name\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"description\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\"},\"potentialAction\":[{\"@type\":\"SearchAction\",\"target\":{\"@type\":\"EntryPoint\",\"urlTemplate\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?s={search_term_string}\"},\"query-input\":\"required name=search_term_string\"}],\"inLanguage\":\"en-US\"},{\"@type\":\"Organization\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\",\"name\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\",\"logo\":{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"en-US\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png\",\"contentUrl\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png\",\"width\":470,\"height\":108,\"caption\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\"},\"image\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/\"}},{\"@type\":\"Person\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440\",\"name\":\"wijayako\",\"image\":{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"en-US\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/image\/\",\"url\":\"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g\",\"contentUrl\":\"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g\",\"caption\":\"wijayako\"},\"sameAs\":[\"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment\",\"https:\/\/www.instagram.com\/wijayakomunika\/\"],\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/author\/wijayako\/\"}]}<\/script>\n<!-- \/ Yoast SEO plugin. -->","yoast_head_json":{"title":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","description":"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.","robots":{"index":"index","follow":"follow","max-snippet":"max-snippet:-1","max-image-preview":"max-image-preview:large","max-video-preview":"max-video-preview:-1"},"canonical":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/","og_locale":"en_US","og_type":"article","og_title":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","og_description":"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.","og_url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/","og_site_name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","article_author":"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment","article_published_time":"2020-08-27T03:38:00+00:00","article_modified_time":"2020-08-30T03:49:24+00:00","og_image":[{"url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2020\/08\/Tips-Membuat-Pelanggan-Selalu-Nyaman-Dan-Setia.jpg"}],"author":"wijayako","twitter_card":"summary_large_image","twitter_misc":{"Written by":false,"Est. reading time":"2 minutes"},"schema":{"@context":"https:\/\/schema.org","@graph":[{"@type":"Article","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#article","isPartOf":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/"},"author":{"name":"wijayako","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440"},"headline":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia","datePublished":"2020-08-27T03:38:00+00:00","dateModified":"2020-08-30T03:49:24+00:00","mainEntityOfPage":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/"},"wordCount":435,"publisher":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization"},"articleSection":["Artikel"],"inLanguage":"en-US"},{"@type":"WebPage","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/","name":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","isPartOf":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website"},"datePublished":"2020-08-27T03:38:00+00:00","dateModified":"2020-08-30T03:49:24+00:00","description":"Untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, dan memastikan bahwa Anda dapat terus menjalinnya secara baik, cobalah untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk melibatkan pelanggan.","breadcrumb":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#breadcrumb"},"inLanguage":"en-US","potentialAction":[{"@type":"ReadAction","target":["https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/"]}]},{"@type":"BreadcrumbList","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/tips-membuat-pelanggan-selalu-nyaman-dan-setia\/#breadcrumb","itemListElement":[{"@type":"ListItem","position":1,"name":"Home","item":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/"},{"@type":"ListItem","position":2,"name":"Tips Membuat Pelanggan Selalu Nyaman Dan Setia"}]},{"@type":"WebSite","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/","name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","description":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","publisher":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization"},"potentialAction":[{"@type":"SearchAction","target":{"@type":"EntryPoint","urlTemplate":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?s={search_term_string}"},"query-input":"required name=search_term_string"}],"inLanguage":"en-US"},{"@type":"Organization","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization","name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/","logo":{"@type":"ImageObject","inLanguage":"en-US","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png","contentUrl":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png","width":470,"height":108,"caption":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT"},"image":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/"}},{"@type":"Person","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440","name":"wijayako","image":{"@type":"ImageObject","inLanguage":"en-US","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/image\/","url":"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g","contentUrl":"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g","caption":"wijayako"},"sameAs":["https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment","https:\/\/www.instagram.com\/wijayakomunika\/"],"url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/author\/wijayako\/"}]}},"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/2511"}],"collection":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=2511"}],"version-history":[{"count":0,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/2511\/revisions"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=2511"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=2511"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=2511"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}