Pernahkah Anda mendengar istilah influencer marketing? Penasaran bagaimana keberadaan sosok ini bisa menguntungkan bagi sebuah bisnis?<\/p>\n
Kini, saatnya mempelajari lebih lanjut dan mengetahui cara memanfaatkan perannya dalam mempromosikan merek Anda.<\/p>\n
<\/p>\n
Influencer biasanya merupakan seseorang yang punya banyak pengikut (followers) dan mampu memberikan pengaruh terhadap para pengikutnya tersebut.<\/p>\n
umumnya mereka memiliki akun di platform sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Youtube.<\/p>\n
Para pengikut di akun-akun tersebut tidak hanya setia mengikuti setiap postingan tetapi juga meniru kebiasan public figure yang diikuti.<\/p>\n
Selain mengunggah konten tentang aktifitas keseharian, terkadang seorang influencer juga membuat postingan yang mengandung iklan.<\/p>\n
Dalam sebuah foto atau video, ia mencantumkan review tentang produk yang sedang dipakai atau dinikmati.<\/p>\n
Disinilah fungsi influencer marketing bekerja, dimana ada merek-merek produk yang ikut ditampilkan.<\/p>\n
Nah, perusahaan yang menggunakan jasa influencer, dalam hal ini disebut endorsement, untuk mempromosikan usaha, produk atau brand mereka, akan memperoleh banyak keuntungan di antaranya sebagai berikut:<\/p>\n
Pengguna sosial media akan mudah percaya pada suatu brand saat tokoh idolanya juga menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut.<\/p>\n
Perusahaan bisa memilih tipe influencer seperti apa yang ingin diajak kerjasama. Biayanya umumnya dapat disesuaikan, tergantung tingkat popularitas atau banyaknya jumlah followers.<\/p>\n
Karakteristik pengguna masing-masing platform sosial media tidaklah sama. cara paling efektif untuk mendapatkan perhatian mereka yaitu melalui influencer favorit.<\/p>\n
para audience baru akan memiliki brand awareness setelah melihat tokoh idola mereka mempresentasikannya, baik dalam bentuk review atau bagi pengalaman.<\/p>\n
Influencer yang cerdas tidak akan menggunakan cara yang lama untuk memperkenalkan suatu produk atau brand di fanpage mereka, apalagi kalau sampai menjiplak influencer lain.<\/p>\n
Itu sangatlah tidak etis. Makanya, setiap konten marketing yang disajikan akan dibuat sebesar mungkin, namun tetap menarik dan tentu saja mengandung unsur ciri khas dari influencer itu sendiri.<\/p>\n
Keefektifan influencer marketing tidak hanya ditentukan pada besarnya jumlah followers, meskipun jumlah ini akan berpengaruh.<\/p>\n
Tetapi, yang terpenting adalah pertimbangan Anda tentang beberapa hal berikut:<\/p>\n
Ternyata kelebihan memilih influencer dengan followers masih terbatas (skala mikro) bukan hanya menghemat budget.<\/p>\n
Rata-rata orang berpengaruh tersebut akan lebih intens berinteraksi dengan para audiens.<\/p>\n
Jadi, saat ia memperkenalkan produk Anda di halaman akun sosial medianya, ada peluang besar untuk tanya jawab mengenai produk tersebut.<\/p>\n
Jenis produk dan target pasar tidak bisa dipisahkan. Anda membutuhkan influencer yang sesuai dengan target yang ingin dibidik.<\/p>\n
Misalnya kalau tujuan marketing ke ibu-ibu, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer di bidang parenting.<\/p>\n
Yang sangat disayangkan dari keterikatan antara influencer dan followers adalah fanatisme berlebihan.<\/p>\n
Banyak orang mengikuti akun public figure hanya karena tampilan wajah dan gaya fashion yang menarik.<\/p>\n
Mereka tidak peduli kalau idolanya sering mengunggah konten tidak edukatif atau ujaran kebencian, sehingga sangat jelas ia selalu bermasalah dengan hukum.<\/p>\n
Nah, pastikan untuk melihat terlebih dahulu mereview akun influencer dan pastikan reputasinya cukup baik agar tidak berpengaruh pada kredibilitas produk dan brand yang Anda miliki.<\/p>\n
Marketing adalah ujung tombak perusahaan dalam memperkenalkan diri kepada konsumen.<\/p>\n
Selain dikerjakan sendiri atau membentuk tim khusus, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan para influencer. Strategi ini cukup efektif terutama kalau brand Anda masih termasuk baru.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\n