Sebelum internet dikenal, interaksi perusahaan dengan calon customer dilakukan dengan konvensional. Media-media yang digunakan masih berupa kertas dan elektronik.<\/p>\n
Kemudian, beberapa hal mulai bertransisi, dari surat kertas menjadi e-mail, atau dikenal dengan newsletter. Sempat pula perusahaan menghubungi calon customer lewat telepon.<\/p>\n
Hingga akhirnya saat ini berbagai konten iklan dan informasi bisa ditemukan di telepon genggam terkoneksi internet atau istilah kerennya \u201csmartphone\u201d.<\/p>\n
<\/p>\n
Seiring menjamurnya produksi dan penggunaan smartphone, bermacam platform media online dan sosial juga bermunculan.<\/p>\n
Bagi pengusaha, termasuk startup yang umumnya memiliki dana terbatas terutama untuk menjalankan strategi marketing, mereka bisa memanfaatkan tren masyarakat era digital. Caranya:<\/p>\n
Sebuah website dapat menjadi media promosi yang dibuat sesuai kebutuhan perusahaan. Anda dapat mencantumkan beragam informasi mulai dari profil pribadi atau usaha, produk, testimoni dan layanan pelanggan.<\/p>\n
Jangan lupa untuk menambah tautan ke akun sosial media untuk bisa memberikan informasi lebih lanjut ke calon konsumen tentang apa yang Anda tawarkan.<\/p>\n
Cara tercepat dan termudah berinteraksi dengan target pasar adalah melalui platform media sosial.<\/p>\n
tidak harus memulainya dengan menciptakan jejaring pertemanan yang banyak. Anda dapat memanfaatkan layanan iklan berbayar untuk membuat produk atau brand Anda otomatis tampil di beranda target pasar yang relevan.<\/p>\n
Namun pastikan Anda jgua selalu mengupdate konten yang ada di akun sosial media perusahaan untuk membuat calon pelanggan tetap setia mengikuti informasi-informasi terbaru.<\/p>\n
Backlink merupakan tautan yang mengarah ke website kita. Sumbernya bisa dari website lain atau platform media sosial dimana Anda meletakkan URL homepage website sendiri.<\/p>\n
Kalau ingin memperolehnya dari website lain, maka terlebih dahulu Anda harus menggunakan link orang lain di salah satu postingan dan menunggu pihak lain mengirimkan link balik.<\/p>\n
Cara ini butuh proses dan terkadang waktu yang lama. Kalau ingin lebih cepat, maka bidik website yang dapat menjadi suber backlink gratis, seperti YouTube.com, Kaskus.co.id dan Scribd.<\/p>\n
Yang membuat seorang calon pelanggan betah untuk mengunjungi sebuah website atau mengikuti akun sosial media adalah kontennya.<\/p>\n
Anda mungkin punya ide membuat konten yang informatif, tetapi pengunjung akan merasa bosan kalau penyampaiannya kurang menarik dan terkesan bertele-tele.<\/p>\n
Kesan ini tentu membuat calon pelanggan tersebut tidak jadi membeli atau menggunakan produk Anda dan memilih produk dari brand lain.<\/p>\n
Media online memiliki banyak manfaat bagi segala bentuk bisnis, termasuk startup. Pilihan alatnya banyak.<\/p>\n
Hanya diperlukan konsistensi dalam membangun relasi dengan target pasar. Yang paling penting, cara ini nilainya sangat ekonomis dan sangat sesuai dengan kondisi sebuah bisnis startup.<\/p>\n
Anda bisa membuat website dan akun media sosial secara gratis, bukan? Tinggal bagaimana kreatifitas bekerja dalam menampilkan postingan yang selalu menarik dan up-to-date.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\n