Ekspor memang memiliki manfaat yang baik bagi roda bisnis, sebab kita dapat memanfaatkannya untuk menawarkan produk ke pasar global.<\/p>\n
Peluang ekspor sendiri kini terbuka lebar seiring dengan adanya kran arus globalisasi.<\/p>\n
Oleh karena adanya peluang ekspor, maka diharapkan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk mengoptimalkannya. Lantas apa yang harus dilakukan untuk memanfaatkan peluang tersebut?<\/p>\n
<\/p>\n
Indonesia memang memiliki potensi kekayaan yang berlimpah, sehingga dapat mendorong masyarakatnya untuk menghasilkan sebuah produk kreatif.<\/p>\n
Salah satu jalan untuk melakukannya adalah melalui UMKM yang kini cukup berkembang dengan pesat.<\/p>\n
Terkait dengan UMKM ini, maka sebetulnya ada peluang pasar ekspor yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM.<\/p>\n
Salah satu bukti konkret dari pemanfaatan pasar ekspor itu adalah upaya yang dilakukan UMKM asla Bangka Belitung.<\/p>\n
Mereka melakukan ekspor terhadap produk berupa Lidi Nipah ke kawasan Nepal. Kemudian ada pula UMKM Marunda yang mengekspor produknya ke Tiongkok.<\/p>\n
Tentunya hal itu sudah pasti memberikan keuntungan tersendiri bagi UMKM tersebut.<\/p>\n
Lalu apa yang harus dipersiapkan untuk mengoptimalkan pasar ekspor ini?<\/p>\n
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah perbaikan kualitas produk. Bagaimana produk dapat dikenal dan diterima secara luas?<\/p>\n
Tentunya jawabannya ada pada kualitas produk itu sendiri. Mutlak rasanya bagi UMKM untuk senantiasa mengutamakan kualitas produknya.<\/p>\n
Tidak hanya dari sisi produk jadi, namun juga pengemasan produk tersebut sehingga memiliki nilai jual yang lebih.<\/p>\n
Kedua, perlu adanya edukasi tata cara ekspor yang benar. Setiap pelaku usaha mikro kecil menengah hendaknya sadar dengan peluang ekspor tersebut dan berupaya untuk mempelajarinya.<\/p>\n
Informasi tentang ekspor ini dapat diperoleh secara gratis melalui internet dan dapat pula dengan berguru kepada para pakarnya.<\/p>\n
Ketiga, juga perlu bagi UMKM untuk melakukan kerja sama. Rasanya kini bukan lagi eras persaingan, namun lebih tepat jika disebut era kolaborasi.<\/p>\n
Sebagai pelaku usaha kita hendaknya tidak menutup diri dari orang lain yang memang memiliki visi yang sama.<\/p>\n
Melakukan kerja sama (kolaborasi) dapat memberikan manfaat bagi perkembangan usaha, termasuk dalam hal menjangkau pasar ekspor.<\/p>\n
Keempat, setiap UMKM hendaknya juga proaktif terhadap program pemerintah.<\/p>\n
Hal ini dilakukan agar UMKM dapat menunjukkan eksistensinya, sehingga secara tidak langsung juga akan membantu mengenalkan dirinya.<\/p>\n
Hal ini pada akhirnya akan mempermudah dalam memasarkan produk hingga menjangkau pasar ekspor tersebut.<\/p>\n
Semoga saja ke depan UMKM Indonesia dapat terus bersaing secara sehat dalam menghasilkan produk-produk kreatif.<\/p>\n
Jangan lupa pula bagi kita (konsumen) untuk senantiasa mencintai produk dalam negeri, termasuk produk yang dihasilkan oleh UMKM. <\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\n