Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/wijayako/public_html/index.php:1) in /home/wijayako/public_html/wp-includes/rest-api/class-wp-rest-server.php on line 1794
{"id":3250,"date":"2021-02-02T12:32:59","date_gmt":"2021-02-02T05:32:59","guid":{"rendered":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?p=3250"},"modified":"2021-02-02T12:33:27","modified_gmt":"2021-02-02T05:33:27","slug":"cara-melayani-konsumen-dengan-baik","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/","title":{"rendered":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik"},"content":{"rendered":"\n

Pada dasarnya pelayanan terhadap konsumen merupakan faktor penting dalam kelancaran sebuah bisnis. Sebab ketika konsumen yang merasa puas dengan layanan yang diberikan akan kembali kepada bisnis tersebut di lain waktu dan kembali membeli produknya.<\/p>\n

Bila ini terjadi secara berkesinambungan, tentu akan memberikan dampak yang baik bagi kelancaran bisnis. Lalu bagaimana caranya melayani konsumen dengan baik?<\/p>\n

\"Cara<\/p>\n

4 Tips Melayani Konsumen yang Dapat Dicoba<\/h2>\n

Sebagaimana telah disampaikan tadi bahwa pelayanan merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi kelancaran sebuah bisnis.<\/p>\n

Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.<\/p>\n

Lalu bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen? Mari perhatikan beberapa tips di bawah ini.<\/p>\n

1. Gunakan Tutur Bahasa yang Sopan<\/h4>\n

Tips pertama dalam melayani konsumen adalah menggunakan tutur bahasa yang baik. Bahasan sejatinya merupakan alat utama dalam berkomunikasi, termasuk ketika melayani konsumen.<\/p>\n

Sebagai contoh, ketika konsumen mengunjungi toko, maka coba tanyakan dengan bahasa ada yang bisa dibantu Bapak\/ Ibu?. Pastikan bahwa bahasa yang digunakan cukup sopan dan tidak mengurangi kenyamanan konsumen.<\/p>\n

2. Manfaatkan Fitur Chat Otomatis<\/h4>\n

Barangkali tips kedua ini akan berguna bagi Anda yang mengelola toko secara online. Mungkin Anda dapat mengontrol toko dalam 24 jam, sementara itu konsumen bisa saja datang kapan pun.<\/p>\n

Agar tetap dapat melayani konsumen, maka cobalah manfaatkan fitur chat otomatis ini. Fitur ini akan dapat memberikan informasi kepada konsumen perihal kondisi toko saat ini dan jenis produk yang sedang dicarinya.<\/p>\n

3. Responsif Terhadap Pertanyaan Konsumen<\/h4>\n

Tips ketiga untuk melayani konsumen adalah bersikap responsif. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan konsumen akan senantiasa bertanya terhadap produk yang diminatinya. Pertanyaan yang diajukan biasanya tidak memastikan bahwa mereka akan membeli.<\/p>\n

Namun demikian selaku penjual, Anda harus berusaha responsif terhadap pertanyaan konsumen tersebut. Usahakan memberikan jawaban terbaik, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dan mempengaruhi untuk membelinya.<\/p>\n

4. Tugas Seseorang yang Handal<\/h4>\n

Keempat, jika memang memungkinkan maka tugaskanlah seseorang yang benar-benar handal untuk bertanggung jawab terhadap pelayanan konsumen tersebut. Mereka setidaknya memiliki kemampuan yang cukup untuk melakukannya, sebab akan menjadi garda terdepan bagi bisnis yang Anda miliki.<\/p>\n

Itulah tadi beberapa tips yang sekiranya dapat membantu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Berikanlah pelayanan terbaik kepada konsumen Anda, sehingga merasa nyaman dan puas.<\/p>\n

Semakin banyak konsumen yang puas terhadap layanan yang diberikan, maka sudah pasti akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis yang dikelola. Demikianlah, semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan kita semua, khusus bagi para pebisnis dalam memberikan layanan terbaik kepada setiap konsumennya.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[11],"tags":[],"yoast_head":"\nCara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT<\/title>\n<meta name=\"description\" content=\"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.\" \/>\n<meta name=\"robots\" content=\"index, follow, max-snippet:-1, max-image-preview:large, max-video-preview:-1\" \/>\n<link rel=\"canonical\" href=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\" \/>\n<meta property=\"og:locale\" content=\"en_US\" \/>\n<meta property=\"og:type\" content=\"article\" \/>\n<meta property=\"og:title\" content=\"Cara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\" \/>\n<meta property=\"og:description\" content=\"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.\" \/>\n<meta property=\"og:url\" content=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\" \/>\n<meta property=\"og:site_name\" content=\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\" \/>\n<meta property=\"article:author\" content=\"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment\" \/>\n<meta property=\"article:published_time\" content=\"2021-02-02T05:32:59+00:00\" \/>\n<meta property=\"article:modified_time\" content=\"2021-02-02T05:33:27+00:00\" \/>\n<meta property=\"og:image\" content=\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2021\/02\/Cara-Melayani-Konsumen-dengan-Baik.jpg\" \/>\n<meta name=\"author\" content=\"wijayako\" \/>\n<meta name=\"twitter:card\" content=\"summary_large_image\" \/>\n<meta name=\"twitter:label1\" content=\"Written by\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data1\" content=\"\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:label2\" content=\"Est. reading time\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data2\" content=\"2 minutes\" \/>\n<script type=\"application\/ld+json\" class=\"yoast-schema-graph\">{\"@context\":\"https:\/\/schema.org\",\"@graph\":[{\"@type\":\"Article\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#article\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\"},\"author\":{\"name\":\"wijayako\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440\"},\"headline\":\"Cara Melayani Konsumen dengan Baik\",\"datePublished\":\"2021-02-02T05:32:59+00:00\",\"dateModified\":\"2021-02-02T05:33:27+00:00\",\"mainEntityOfPage\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\"},\"wordCount\":410,\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\"},\"articleSection\":[\"Artikel\"],\"inLanguage\":\"en-US\"},{\"@type\":\"WebPage\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\",\"name\":\"Cara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website\"},\"datePublished\":\"2021-02-02T05:32:59+00:00\",\"dateModified\":\"2021-02-02T05:33:27+00:00\",\"description\":\"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.\",\"breadcrumb\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#breadcrumb\"},\"inLanguage\":\"en-US\",\"potentialAction\":[{\"@type\":\"ReadAction\",\"target\":[\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/\"]}]},{\"@type\":\"BreadcrumbList\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#breadcrumb\",\"itemListElement\":[{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":1,\"name\":\"Home\",\"item\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\"},{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":2,\"name\":\"Cara Melayani Konsumen dengan Baik\"}]},{\"@type\":\"WebSite\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\",\"name\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"description\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\"},\"potentialAction\":[{\"@type\":\"SearchAction\",\"target\":{\"@type\":\"EntryPoint\",\"urlTemplate\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?s={search_term_string}\"},\"query-input\":\"required name=search_term_string\"}],\"inLanguage\":\"en-US\"},{\"@type\":\"Organization\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization\",\"name\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/\",\"logo\":{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"en-US\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/\",\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png\",\"contentUrl\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png\",\"width\":470,\"height\":108,\"caption\":\"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT\"},\"image\":{\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/\"}},{\"@type\":\"Person\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440\",\"name\":\"wijayako\",\"image\":{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"en-US\",\"@id\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/image\/\",\"url\":\"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g\",\"contentUrl\":\"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g\",\"caption\":\"wijayako\"},\"sameAs\":[\"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment\",\"https:\/\/www.instagram.com\/wijayakomunika\/\"],\"url\":\"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/author\/wijayako\/\"}]}<\/script>\n<!-- \/ Yoast SEO plugin. -->","yoast_head_json":{"title":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","description":"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.","robots":{"index":"index","follow":"follow","max-snippet":"max-snippet:-1","max-image-preview":"max-image-preview:large","max-video-preview":"max-video-preview:-1"},"canonical":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/","og_locale":"en_US","og_type":"article","og_title":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","og_description":"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.","og_url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/","og_site_name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","article_author":"https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment","article_published_time":"2021-02-02T05:32:59+00:00","article_modified_time":"2021-02-02T05:33:27+00:00","og_image":[{"url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2021\/02\/Cara-Melayani-Konsumen-dengan-Baik.jpg"}],"author":"wijayako","twitter_card":"summary_large_image","twitter_misc":{"Written by":false,"Est. reading time":"2 minutes"},"schema":{"@context":"https:\/\/schema.org","@graph":[{"@type":"Article","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#article","isPartOf":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/"},"author":{"name":"wijayako","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440"},"headline":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik","datePublished":"2021-02-02T05:32:59+00:00","dateModified":"2021-02-02T05:33:27+00:00","mainEntityOfPage":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/"},"wordCount":410,"publisher":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization"},"articleSection":["Artikel"],"inLanguage":"en-US"},{"@type":"WebPage","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/","name":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","isPartOf":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website"},"datePublished":"2021-02-02T05:32:59+00:00","dateModified":"2021-02-02T05:33:27+00:00","description":"Layanan yang diberikan secara baik, maka akan memberikan citra yang bagi bisnis tersebut. Sehingga bisnis dapat dikenal secara luas oleh konsumen dengan citranya yang baik.","breadcrumb":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#breadcrumb"},"inLanguage":"en-US","potentialAction":[{"@type":"ReadAction","target":["https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/"]}]},{"@type":"BreadcrumbList","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/cara-melayani-konsumen-dengan-baik\/#breadcrumb","itemListElement":[{"@type":"ListItem","position":1,"name":"Home","item":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/"},{"@type":"ListItem","position":2,"name":"Cara Melayani Konsumen dengan Baik"}]},{"@type":"WebSite","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#website","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/","name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","description":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","publisher":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization"},"potentialAction":[{"@type":"SearchAction","target":{"@type":"EntryPoint","urlTemplate":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/?s={search_term_string}"},"query-input":"required name=search_term_string"}],"inLanguage":"en-US"},{"@type":"Organization","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#organization","name":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/","logo":{"@type":"ImageObject","inLanguage":"en-US","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/","url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png","contentUrl":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-content\/uploads\/2018\/09\/logo-wk.png","width":470,"height":108,"caption":"PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT"},"image":{"@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/logo\/image\/"}},{"@type":"Person","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/24384461c4d02ff38adf67cef27da440","name":"wijayako","image":{"@type":"ImageObject","inLanguage":"en-US","@id":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/#\/schema\/person\/image\/","url":"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g","contentUrl":"https:\/\/secure.gravatar.com\/avatar\/058b06898c218d802889a5d277a8d8bc?s=96&d=mm&r=g","caption":"wijayako"},"sameAs":["https:\/\/www.facebook.com\/wikompayment","https:\/\/www.instagram.com\/wijayakomunika\/"],"url":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/author\/wijayako\/"}]}},"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/3250"}],"collection":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=3250"}],"version-history":[{"count":2,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/3250\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":3253,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/3250\/revisions\/3253"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=3250"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=3250"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/www.wijayakomunika.co.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=3250"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}