Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Kendala Pengoperasian Server Pulsa

Bisnis server pulsa memang sangat menggiurkan. Cara memulainya mudah sebab apa-apa yang dibutuhkan sudah tersedia dengan beragam pilihan di pasaran. Anda hanya perlu melakukan survey untuk kemudian memilih produk server yang berkualitas.

Kendala Pengoperasian Server Pulsa

Namun, memiliki software untuk server pulsa handal saja tidak cukup. Terkadang masih dijumpai beberapa kendala di sela-sela pengoperasiannya. Jika dibiarkan berlarut, hal ini akan mempengaruhi kelancaran transaksi dan Anda pun akan kehilangan kepercayaan dari para mitra dan konsumen. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari masalah umum pada sistem server dan bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa kendala yang biasa menghantui para pengusaha server pulsa yaitu:

  1. Komputer atau laptop yang digunakan untuk tiba-tiba saja mati: Situasi ini sangat mungkin terjadi dan salah satu yang tidak bisa terduga. Penyebab umumnya yaitu komponen perangkat komputer yang sudah termakan usia, tegangan listrik tidak stabil dan tersambar petir.
  2. Virus: Masalah ini biasanya disebabkan oleh kelalaian manusia. Misalnya Anda sering menggunakan flashdisk untuk memindahkan data. Kebiasaan ini sangat beresiko. Belum lagi jika Anda sendiri suka menjelajah situs-situs yang mengandung malware, spyware atau sejenisnya. Kondisi ini bisa diperburuk jika tingkat keamanan dalam sistem komputer yang digunakan untuk server juga lemah atau tidak ada sama sekali.
  3. Support IT yang tidak kompeten: Ada kalanya Anda membutuhkan bantuan professional dari penyedia software pulsa. akan tetapi, kalau layanannay ternyata tidak kompeten dan dikerjakan secara asal-asalan, tentu masalah yang muncul tidak dapat diselesaikan atau bahkan menjadi tambah parah.
  4. Lisensi software yang kadaluarsa: Jika transaksi banyak yang gagal atau tertunda, bisa jadi linsesi software-nya belum diperbaharui.
  5. Perangkat dongle rusak: Perangkat ini digunakan untuk otentifikasi software. Fungsi lainnya juga seperti modem dimana karatu chip atau SIM untuk transaksi dipasangkan di dalamnya. Jika dongle ini rusak, maka bisa dipastikan transaksi tidak lancar.
  6. Database error: Tidak hanya software yang bisa bermasalah, database yang tersimpan juga bisa terpengaruh oleh beragam kondisi, misalnya dikarenakan virus, penambahan ekstensi, tegangan listrik tidak stabil, dll.
  7. Seringnya keluar masuk karyawan: Adanya karyawan dapat sangat membantu pengusaha menjalankan bisnisnya. Namun, ada kalanya seseorang ingin memperoleh pengalaman dan pengetahuan lebih dengan memtuuskan untuk berganti pekerjaan. Kondisi ini bagi pengusahas erver bisa cukup menyulitkan, karena Anda harus mencari pengganti dan tentunya meluangkan waktu mengajari karyawan yang baru. Secara tidak langsung, kegiatan ini sendiri cukup membuat operasional usaha terganggu.

Menjadi seorang pebisnis haruslah tahan banting. Sangat penting untuk bisa mempersiapkan diri termasuk memikirkan beberapa masalah umum di atas. Dengan begitu, Anda masih memiliki kesempatan melakukan langkah antisipasi. Misalnya saja dengan mengupgrade perangkat menjadi yang terbaru dan melindungi sistem serta database dari kemungkinan serangan virus. Persiapan-persiapan tersebut akan sangat membantu Anda menjalankan bisnis server pulsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *