Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Masalah Bisnis Pulsa yang Sering Dihadapi

Butuh motivasi untuk bisa mempertahankan bisnis pulsa yang digeluti agar tidak mudah tumbang? Maka bisa dimulai dengan mengenal berbagai kendala yang sering dialami pelaku bisnis pulsa. Sebab semudah apapun bisnis ini ternyata tetap ada kendala, yang tidak hanya dirasakan satu atau dua pelaku bisnisnya. Melainkan semua dan ketika sudah tahu maka bisa mengantisipasinya dengan baik.

Masalah Bisnis Pulsa yang Sering Dihadapi

Kendala Apa Saja yang Biasa Dialami Pelaku Bisnis Pulsa?

Bisnis pulsa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang mudah untuk dikelola dan prospeknya bagus karena zaman sekarang, siapa yang tidak butuh pulsa? Meski begitu bukan berarti jalan untuk mengelola bisnis satu ini mulus dan lancar jaya. Aktualnya tetap ada kendala dan harus disikapi dengan bijak agar tidak buru-buru gulung tikar.

Umumnya pebisnis pulsa akan mudah goyah ketika dihadapkan pada kendala yang pelik dan sulit dipecahkan. Rupanya bisnis ini punya beberapa kendala khas sebagai berikut yang wajib diketahui:

  1. Banyak Pelanggan yang Minta Bayar Belakangan

Sudah menjadi kendala klasik dalam dunia bisnis pulsa jika pelanggan yang merasa sudah kenal dekat atau bahkan sudah lama berlangganan. Kemudian meminta dispensasi untuk membayar belakangan. Pelanggan yang berhutang adalah masalah serius karena keuntungan bisnis ini kecil. Jika sampai di hutang dijamin susah untuk kulakan stok pulsa lagi.

  1. Keuntungan yang Tidak Seberapa

Sebelum memulai bisnis pulsa dijamin sudah mencari tahu karakter bisnis ini seperti apa, dan salah satunya soal keuntungan. Keuntungan berjualan pulsa rata-rata antara Rp 50 perak sampai Rp 1000 perak saja. Cukup kecil memang, dan di awal mungkin terasa berat karena pelanggan masih sedikit. Namun jika sudah banyak maka per hari akan mendapat keuntungan yang lumayan.

  1. Pesaing Banyak

Jika ingin keuntungan banyak maka perlu menjual lebih mahal, namun tindakan ini seperti boomerang. Masalahnya bisnis pulsa dikenal punya pesaing yang bejibun dan salah dalam menentukan harga bisa membuat konter sepi. Jadi, usahakan untuk tetap mengikuti harga pasar agar dapat bertahan. Jadikan bisnis ini sebagai sampingan dulu, jika pemasukannya sudah lumayan silahkan dijadikan bisnis utama.

  1. Perputaran Modal Super Lambat

Ada yang hutang, ada yang lupa tidak bayar, konter masih sepi, dan lain sebagainya membuat stok pulsa stagnan. Hasilnya perputaran modal menjadi lambat dan tidak bisa merasakan profit sama sekali. Namun jika digenjot dengan promosi yang tepat dijamin kondisi ini tidak akan bertahan lama.

  1. Kondisi Keuangan Tumpang Tindih

Saat masa awal dirintis memang adalah masa terberat dalam menjalankan bisnis pulsa, karena rentan memperburuk laporan keuangan. Perputaran modal yang super lambat membuat laporan keuangan mengecewakan. Namun harus dihadapi dengan bijak agar tidak lekas putus asa.

Bisnis pulsa punya banyak kendala, jika menghadapi salah satu atau mungkin semua yang disebutkan di atas. Jangan buru-buru gentar dulu karena kendala ini dirasakan semua pebisnis pulsa, hadapi dan cari solusi terbaik dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *