Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Fungsi Serta Manfaat Microsoft Excel Dalam Berbisnis

Microsoft excel merupakan software pengolah data terbaik yang ada didunia, fitur-fitur yang ada pada excel, sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan kantor.

Jika bisa dijelaskan secara detail, masih ada banyak sekali fungsi microsoft excel yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Salah satunya untuk kehidupan sehari-hari. Software yang dibuat oleh Microsoft Corporation tersebut tidak hanya berfungsi untuk urusan sehari-hari saja namun juga bisa digunakan untuk mengelola pekerjaan dalam berbisnis.

Fungsi Serta Manfaat Microsoft Excel Dalam Berbisnis

5 Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel Dalam Berbisnis

Microsoft Excel sering kali dimanfaatkan oleh perusahaan maupun pemilik bisnis untuk mengelola data/angka dalam skala besar.

Untuk itu, ini dia fungsi dan manfaat excel yang biasa digunakan secara umum dalam berbisnis.

1. Mengolah data manajemen

Fungsi Microsoft excel yang pertama yaitu untuk mengolah data management.

Biasanya perusahaan menggunakan excel untuk mencari nilai rata-rata, menghitung nilai tengah, serta mencari nilai maksimum dan minimum sebuah data.

Contoh penerapan-nya yaitu, untuk menghitung stok barang keluar masuk perusahaan.

2. Administrasi

Fungsi lainya yaitu untuk proses administrasi. Pekerjaan tersebut biasanya dilakukan oleh seorang akuntan.

Pekerjaan mereka memang tidak akan jauh-jauh dari software tersebut. Contohnya yaitu untuk mencatat jumlah pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan.

3. Membuat laporan keuangan

Fungsi excel yang paling basic/umum. Hampir semua fitur-fitur yang ada pada Microsoft excel, sangat membantu perusahaan untuk membuat laporan keuangan dalam skala besar.

Dimana data serta perhitungan yang dibuat, harus melalui proses yang sangat kompleks. Maka dari itu, orang yang bekerja di bagian pengelola keuangan harus mahir menggunakan ms. excel.

Mereka harus paham betul bagaimana memanfaatkan fitur-fitur excel untuk membuat laporan keuangan perusahan seringkas dan sejelas mungkin.

4. Pembuatan Grafik

Fungsi selanjutnya yaitu untuk membuat grafik di excel. Biasanya, data yang di input adalah seputar pemantauan suatu variabel tertentu.

Dengan bantuan chart wizard serta fitur-fitur excel lainnya, pekerjaan tentang pembuatan grafik bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Contohnya yaitu untuk membuat grafik hasil pantauan pelanggaran arus lalu lintas dalam setahun. Atau grafik hasil pantauan perkembangan penduduk di daerah X.

5. Pembuatan data statistika

Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan analisis, penyajian serta kesimpulan suatu data. Statistika sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk pembuktian hasil riset.

Biasanya, pembuatan data statistika dibuat dalam bentuk diagram atau dalam bentuk lingkaran. Contohnya yaitu untuk membuat diagram hasil riset minat beli suatu produk.

Atau untuk menyajikan data riset jenis parfum yang disukai oleh wanita Indonesia. Hal ini sangat sering dipergunakan untuk perusahaan sebagai bahan evaluasi.

Dengan bantuan Ms. Excel, anggaran keuangan dalam berbisnis yang dikeluarkan dalam sehari/sebulan bisa lebih jelas.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur pengurangan, penambahan, perkalian dan lain-lain untuk mencari anggaran rata-rata tiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya