Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

3 Daerah Indonesia yang Memberlakukan Local Lockdown

Sebagaimana dipahami oleh banyak orang bahwa lockdown merupakan cara yang dianggap ampuh dalam memberantas penyebaran virus corona. Beberapa negara di dunia yang terinfeksi corona pun telah melakukannya. Sementara itu di Indonesia sendiri, lockdown memang belum resmi ditetapkan oleh pemerintah mengingat dampaknya yang harus dipertimbangkan. Namun di sejumlah daerah di tanah air, telah mengambil langkah pembatasan itu yang dikenal dengan istilah local lockdown. Berikut informasi seputar 3 daerah di indonesia yang telah melakukan local lockdown.

3 Daerah Indonesia yang Memberlakukan Local Lockdown

3 Daerah Di Indonesia Yang Melakukan Local Lockdown

Secara sederhana local lockdown merupakan upaya pembatasan di suatu daerah, baik untuk akses masuk maupun akses keluar dari daerah itu. Umumnya pembatasan ini diberlakukan bagi manusia dan tidak termasuk barang. Terkait dengan local lockdown ini, maka terdapat 5 daerah di indonesia yang telah melakukannya.

1. Kota Tegal

Daerah pertama yang melakukan local lockdown di indonesia adalah Kota Tegal. Kota ini pada dasarnya menjadi daerah pertama yang memang secara terang-terangan melakukan local lockdown. Upaya tersebut dilakukan dengan menutup akses keluar dan masuk kota tegal. Pemerintah kota tegal menggunakan pembatasan jalan berupa beton yang tidak dapat dipindahkan dengan mudah, sehingga masyarakat pun tidak bisa untuk berulah. Oleh sebab itu, cara ini dipandang mampu untuk melindungi masyarakat tegal dari infeksi corona.

2. Papua

Papua merupakan daerah kedua yang melakukan local lockdown. Upaya ini diambil untuk menghindari terjadinya penyebaran virus corona lebih lanjut. Sebagaimana terdata bahwa telah terdapat 9 kasus positif infeksi corona yang ada di papua. Upaya local lockdown di papua sendiri dilakukan dengan menutup akses penumpang di bandara, mulai dari 26 Maret sampai 9 April mendatang. Sementara itu aktivitas operasional di bandara (selain penumpang orang) berlangsung seperti biasanya dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan dari virus corona.

3. Tasikmalaya

Daerah berikutnya yang juga telah memberlakukan local lockdown adalah tasikmalaya. Keputusan untuk melakukan pembatasan ini diambil ketika pemerintah daerah mempertimbangkan keamanan bagi warganya. Terlebih telah ada 5 orang warga tasikmalaya yang positif terinfeksi virus corona. Local lockdown di tasikmalaya ini akan resmi dimulai pada 31 maret 2020. Pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam menjalankan kebijakan local lockdown ini. Setiap mode transportasi apa pun di larang untuk memasuki maupun menurunkan penumpang di sepanjang wilayah tasikmalaya.

Itulah tadi 3 daerah di indonesia yang telah melakukan local lockdown. Tentunya upaya local lockdown ini diambil setelah melalui beberapa pertimbangan yang matang. Selain dari ketiga daerah tadi, daerah lainnya pun telah mulai melakukan pembatasan maupun tindak pencegahan penyebaran virus corona. Tentunya menjadi harapan besar bahwa wabah covid-19 ini dapat segera pergi dari tanah bumi pertiwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *