Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

4 Jenis Makanan Sahur Ideal Penambah Energi saat Puasa

Makan sahur merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat menjalani puasa. Makan sahur sendiri memiliki fungsi sebagaimana sarapan yang berperan cukup penting untuk memberikan energi supaya tubuh bisa beraktivitas seharian. Namun, tak jarang meski sudah makan sahur, banyak juga yang masih merasa lemas untuk beraktivitas. Hal ini bisa diatasi dengan memilih jenis makanan yang tepat saat sahur guna menambah energi selama berpuasa.

4 Jenis Makanan Sahur Ideal Penambah Energi saat Puasa

Jenis Makanan Sahur Ideal untuk Menambah Energi selama Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh seringkali terasa lemas meskipun sudah makan sahur. Ya, tidak semua makanan yang dikonsumsi saat sahur mampu memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa. Inilah mengapa Anda sebaiknya memilih makanan yang tepat ketika sahur. Pilih jenis makanan sahur penambah energi sehingga meski Anda tidak mendapatkan asupanan makanan dan minuman selama berpuasa, tubuh tidak akan terasa lemas. Berikut ini beberapa jenis makanan yang ideal untuk menambah energi ketika puasa.

1. Telur

Jenis makanan kaya protein ini bisa jadi salah satu menu sahur ideal supaya Anda tidak lemas saat puasa. Selain kaya protein, telur juga akan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah protein tinggi mampu meningkatkan energi tubuh sehingga bila Anda mengkonsumsi telur saat sahur maka Anda bisa tetap merasa kenyang lebih lama dan berenergi selama menjalani puasa. Anda bisa mengolah telur dalam berbagai bentuk seperti telur rebus, omlet, telur goreng, ataupun sajian lainnya.

2. Alpukat

Salah satu makanan super di dunia ini mengandung lemak tak jenuh dan serat. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat terbukti mampu meningkatkan kadar lemak darah secara optimal sehingga membantu peningkatan penyerapan nutrisi sehingga energi tubuh pun meningkat. Selain itu, kandungan serat alpukat berasal dari kandungan karbohidrat yang bisa membantu mempertahankan energi supaya tetap stabil.

3. Ikan Berlemak

Ada beberapa jenis ikan berlemak yang bisa Anda jadikan salah satu menu makan sahur Anda seperti sarden, tuna, ataupun salmon. Asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan tersebut bisa mengurangi peradangan dalam tubuh yang menyebabkan kelelahan. Selain itu, ikan berlemak juga mengandung vitamin B12 yang bekerja sama dengan asam folat dalam menghasilkan sel darah merah dan membantu kerja zat besi lebih optimal di dalam tubuh. Tubuh dengan sel darah merah dan zat besi yang optimal mampu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi.

4. Apel

Ingin makan buah saat sahur? Anda bisa memilih apel untuk membantu tingkatkan energi ketika berpuasa. Buah ini tak hanya mengandung karbohidrat tetapi juga kaya serat. Selain itu, apel mengandung gula alami sehingga membantu proses pelepasan energi tubuh lambat. Inilah mengapa mengkonsumsi apel sat sahur bisa menghindarkan Anda dari rasa lemas yang mengganggu aktivitas saat puasa.

Itulah beberapa jenis makanan sahur yang ideal untuk meningkatkan energi ketika berpuasa. Tentu saja, Anda sebaiknya juga memperhatikan porsi makan serta mengimbanginya dengan konsumsi cairan yang cukup supaya tubuh tetap bugar saat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *