Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Cara agar Tetap Produktif Selama Bekerja dari Rumah

Menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah kemudian menerapkan kebijakan social distancing. Kebijakan ini membuat banyak perusahaan memutuskan untuk menerapkan metode kerja dari rumah. Alhasil banyak orang yang tadinya aktif bekerja di kantor harus mulai bekerja dari rumah, dan tentunya berdiam diri nyaris 24 jam di rumah saja.

5 Cara agar Tetap Produktif Selama Bekerja dari Rumah

Cara Tetap Produktif Selama di Rumah Aja

Suasana di rumah oleh banyak orang yang menjalani WFH dikatakan kurang kondusif, karena terlalu santai dan dekat dengan keluarga khususnya anak-anak. Sehingga muncul resiko menjadi kurang produktif, lantas bagaimana menyiasatinya? Anda bisa mencoba beberapa cara berikut agar selalu produktif:

1. Mengikuti Kebiasaan Kerja di Kantor

Meskipun pekerjaan kantor dialihkan di rumah sehingga bisa dikerjakan tanpa perlu menempuh perjalanan ke kantor. Ada baiknya tidak mengulur waktu dan sengaja bangun siang. Jika dilakukan maka dijamin mudah malas dan kurang produktif, oleh sebab itu ikuti kebiasaan seperti rutinitas ke kantor. Misalnya tetap bangun pagi, sarapan sebelum bekerja, membuat kopi sebelum menatap desktop komputer, dan sebagainya.

2. Membuat Agenda Harian

Tidak memiliki agenda harian selama WFH bisa membuat Anda kehilangan arah dan tujuan. Maka penting sekali untuk membuat daftar rutinitas atau agenda, sehingga waktu dalam bekerja tetap maksimal. Siapkan catatan dan susun daftar kegiatan atau pekerjaan yang akan diselesaikan di hari tersebut, sehingga dijamin seharian tetap produktif.

3. Memilih dan Menyiapkan Tempat Kerja yang Nyaman

Perlu diakui bahwa kenyamanan sangat menentukan produktivitas selama bekerja di rumah. Oleh sebab itu jangan sampai salah dalam memilih tempat kerja, pastikan memang nyaman. Pilih salah satu sudut di rumah atau ruangan yang memang memberi kenyamanan ekstra agar fokus dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

4. Istirahat yang Cukup

Meskipun dengan diberlakukannya WFH Anda memiliki waktu yang berlimpah, jangan dihabiskan untuk begadang dan bangun siang. Namun jangan pula memanfaatkan seluruh waktu yang dimiliki di rumah untuk bekerja. Sebab bisa membuat tubuh kelelahan sehingga tidak fokus dan tidak produktif. Pastikan istirahat yang cukup dan menghindari kebiasaan begadang, karena Anda tetap wajib bangun pagi untuk bekerja.

5. Hindari Hal-Hal yang Mengganggu Konsentrasi

Agar tetap produktif selama WFH ada baiknya menjauhkan segala hal yang membuat konsentrasi terganggu. Dijamin sangat banyak mulai dari smartphone, televisi, atau bahkan si kecil yang cukup berisik dan sering mengganggu Anda saat menatap desktop komputer. Jadi, pastikan Anda memilih ruang khusus dan bebas gangguan agar tetap fokus dan produktif secara maksimal.

Tetap produktif meskipun bekerja dari rumah atau WFH ternyata sangat mungkin untuk dilakukan. Hanya saja memang butuh trik dan perjuangan tersendiri, namun tidak akan rugi mengusahakannya agar bisa berkontribusi secara maksimal pada perusahaan. Lakukan beberapa cara yang disampaikan di atas agar bisa produktif secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Free Download Apk Wijaya Komunika Payment