Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Cara Menghadapi Persaingan Harga dalam Bisnis Pulsa Elektrik

Saat ini Anda sedang pusing menghadapi persaingan harga yang sengit di kalangan pebisnis pulsa elektrik? Maka memerlukan solusi yang tepat untuk menghadapinya, sebab ikut-ikutan membanting harga sama artinya dengan bunuh diri. Namun, memilih bertahan dengan kondisi yang ada juga membuat omset terus mengalami penurunan. Jadi, apa solusi terbaiknya?

5 Cara Menghadapi Persaingan Harga dalam Bisnis Pulsa Elektrik

Menghadapi Persaingan Harga

Persaingan harga atau saling menurunkan harga pada dasarnya tidak hanya terjadi di bisnis pulsa elektrik. Melainkan di nyaris semua bisnis, dan hal ini dilakukan untuk merebut pelanggan dari kompetitor.

Cara ini tentu keliru, karena akan memangkas profit dan berujung pada memburuknya kondisi keuangan bisnis. Jadi, usahakan saat pesaing menurunkan harga pulsa elektrik Anda memilih tidak mengikutinya. Sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memberi Sedikit Nilai Tambah

Cara pertama adalah memberi nilai lebih pada produk maupun layanan, jadi ada baiknya memberi nilai tambah pada layanan. Misalnya selalu bersikap ramah dan profesional setiap kali melayani pembeli. Selain itu bisa menimbang untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan konter. Sehingga pembeli yang datang merasa wajar jika harga token Anda lebih mahal dari lapak sebelah.

2. Memilih Lokasi Minim Pesaing

Menghindari atau mengatasi persaingan harga untuk pulsa elektrik juga bisa dilakukan dengan lebih selektif memilih tempat usaha. Yakni mencari lokasi yang memang pelaku bisnis konter pulsa elektrik masih minim atau bahkan belum ada sama sekali. Cara ini meminimalkan resiko kompetitor membanting harga, karena Anda tidak punya kompetitor tersebut.

3. Tetap Rajin Menawarkan Pulsa Elektrik

Meskipun kompetitor memasang harga rendah, namun usahakan tidak mudah terprovokasi. Tetap fokus pada bisnis sendiri, karena perlu mengutamakan logika.

Percuma ikut banting harga kalau tidak bisa untung dan pada akhirnya gulung tikar. Jadi, tetap fokus mempromosikan dan menawarkan pulsa elektrik ke semua orang. Perlahan kompetitor akan menyerah karena bisnis tidak dapat berjalan.

4. Menambah Variasi Jualan

Menutup kerugian dari sepinya penjualan pulsa elektrik akibat permainan harga kompetitor. Maka Anda bisa mencoba menambah variasi jualan, misalnya jualan token listrik, aksesoris handphone, pulsa fisik, dan lain-lain. Sehingga menjadi komoditi jualan yang tetap moncer.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hubungan baik dengan pelanggan akan membuat mereka bertahan dan menjadi pelanggan setia. Jadi, silahkan mencoba membangun hubungan baik tersebut dengan selalu bersikap ramah dan kekeluargaan pada semua pelanggan. Selama mereka nyaman dan merasa membeli pulsa di saudara sendiri, maka mereka akan menutup mata dengan lapak sebelah yang lebih murah.

Cara-cara di atas tentu lebih logis untuk dijalankan dibanding ikut-ikutan membanting harga. Sebab jika ikut-ikutan maka umur bisnis akan semakin pendek, karena keuntungan turun dan modal menjadi seret. Jadi, abaikan kelakuan pesaing yang menurunkan harga secara drastis dan fokus pada cara-cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Free Download Apk Wijaya Komunika Payment