Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Berbisnis

Memiliki bisnis sendiri bisa dikatakan sebagai impian sebagian besar orang, jika Anda termasuk di dalamnya maka bisa segera melakukan persiapan. Pasalnya sebelum merintis bisnis ada baiknya mempersiapkan satu dan lain hal agar kedepannya berjalan lancar. Terhitung ada beberapa hal penting yang sebaiknya dipersiapkan oleh calon pebisnis.

5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum BerbisnisHal Wajib Dilakukan Sebelum Merintis Bisnis

Bagi siapa saja yang ingin merintis bisnis dalam waktu dekat, pastikan dulu sudah melakukan beberapa hal penting di bawah ini:

1. Mempersiapkan Modal Secara Jelas

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merintis bisnis adalah mempersiapkan dan menghitung modal dengan teliti. Sebab tidak ada bisnis yang bisa dirintis tanpa modal, bahkan untuk bisnis online sekalipun. Paling tidak modal puluhan ribu tetap harus dipersiapkan. Semakin matang modal yang dimiliki semakin mudah membangun bisnis dengan pondasi yang kokoh.

2. Membuat Rekening Terpisah

Sebagai calon pebisnis handal Anda perlu paham pentingnya memisahkan dana pribadi dengan dana perusahaan. Jadi sejak awal sebaiknya sudah menyiapkan dua rekening untuk kedua jenis dana tersebut. Jangan sampai dicampur karena malah mempersulit perhitungan profit ruginya usaha yang dirintis.

3. Memilih Bisnis yang Menguntungkan

Bidang bisnis sangat banyak, ada yang prospeknya bagus ada yang sebaliknya dan ada yang sifatnya musiman dan ada pula yang kontinyu sepanjang tahun. Lebih baik memilih yang mana? Tentunya memilih bisnis dengan prospek bagus agar bisnis yang dijalankan menghasilkan keuntungan yang jelas.

Hindari bisnis musiman karena hanya ramai peminat di musim tertentu saja dan biasanya berlangsung singkat. Pilih produk dan jasa yang selalu menjadi kebutuhan pasar. Misalnya saja kebutuhan akan pendidikan, kesehatan, makanan, properti, dan lain sebagainya.

4. Mengenal Target Pasar Secara Detail

Langkah selanjutnya adalah mengenal target pasar, hal ini bisa dilakukan setelah memilih jenis bisnis yang akan ditekuni. Kenali betul siapa target pasar yang ideal dengan jenis bisnis tersebut. Semakin luas target pasarnya maka prospeknya semakin bagus, jadi pilih produk atau jasa yang merakyat dan disajikan dengan harga yang merakyat juga.

5. Belajar dari Ahlinya

Memulai bisnis tentu akan mendapati berbagai persoalan dan kendala, hal ini lumrah untuk kalangan pemula. Bahkan permasalahan dalam berbisnis juga akan menghampiri pemain lawas. Jadi sangat penting untuk punya mentor supaya bisa mendapatkan masukan yang membangun agar tidak salah langkah.

Jika sulit mendapatkan mentor maka bisa memulainya dengan aktif mengikuti seminar ataupun pelatihan usaha. Semakin aktif Anda dalam belajar bisnis semakin luas relasi yang dibangun, sehingga berdampak positif untuk masa mendatang.

Berbisnis tidak bisa dilakukan asal-asalan seperti membalikan telapak tangan, karena resikonya tinggi dan jauh lebih tinggi dibanding saat menjadi karyawan. Meminimalisir kegagalan dalam berbisnis maka lakukan beberapa hal penting di atas sebelum merintisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *