5 Jenis Aplikasi Bayar Listrik Aman Tepercaya

aplikasi-bayar-listrik

Aplikasi bayar listrik merupakan salah satu cara untuk memenuhi pembayaran listrik secara online. Dengan pembayaran yang berbasis digital tentu memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Selain mudah dan cepat, dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga. Dengan minat yang tinggi dari masyarakat untuk menikmati pelayanan secara online. Saat ini telah tersedia banyak pilihan jasa pelayanan pembayaran listrik, baik pascabayar maupun prabayar.

5 Jenis Aplikasi Bayar Listrik

Listrik merupakan sebuah energi yang dapat disalurkan oleh media penghantar seperti kabel. Saat ini hampir seluruh daerah di Indonesia telah terjangkau listrik. Walaupun tidak dipungkiri bahwa masih ada daerah yang belum terjamah. Dengan perkembangan teknologi yang ada, saat ini banyak aplikasi bermunculan yang dapat kamu manfaatkan untuk membayar tagihan listrik. Berikut ini 5 jenis aplikasi yang dapat digunakan membayar listrik:

  • Aplikasi E-wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai pembayaran termasuk listrik. Kamu dapat menggunakannya untuk membayar listrik prabayar maupun pascabayar. Untuk token listrik tersedia dengan minimal pembelian Rp 20.000,-. Sedangkan untuk pascabayar jumlahnya menyesuaikan dengan tagihan yang dikenakan. Selain pembayaran listrik aplikasi e-wallet dapat digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan lain. Seperti pulsa dan paket data, transfer uang, voucher game dan banyak lagi. Contoh aplikasi yang banyak digunakan ditengah-tengah masyarakat, yaitu OVO, Dana, LinkAJa, GoPay dll.

  • Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile merupakan sebuah aplikasi bayar listrik yang disediakan oleh PT PLN (Persero) untuk memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar atau membeli token listrik prabayar. Selain itu tersedia fitur untuk mengajukan pemasangan baru, menaikan daya dan juga perbaikan. 

  • Aplikasi E-commerce

Aplikasi E-commerce bukan hanya dapat digunakan untuk berbelanja atau berjualan online. Tetapi terdapat fitur lain, salah satunya bayar tagihan listrik. Contoh aplikasi e-commercenya yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak. Selain membayar listrik kamu dapat membeli pulsa, paket data, tiket dan sebagainya. 

  • Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi mobile banking bukan hanya melayani transfer uang ke lain bank. Namun dapat digunakan untuk bayar listrik secara online. Selain itu juga menyediakan layanan top up e-commerce, beli pulsa dan paket data, pembayaran asuransi dan sebagainya.

  • Aplikasi PPOB

Aplikasi PPOB ( Payment Point Online Banking) merupakan sebuah aplikasi pembayaran yang berkerja sama dengan perbankan yang terkoneksi secara real time. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk bayar listrik dan tagihan lainnya. Mulai dari tagihan air PDAM, internet, asuransi, multi finance, TV berlangganan hingga pembelian voucher game.

Itulah kelima jenis aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membayar listrik secara online yang aman, murah dan tepercaya. Dengan pembayaran secara online kamu dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan promo yang ada. Seperti pada aplikasi e-wallet, E-commerce atau aplikasi PPOB. 

Tips Melakukan Pembayaran Secara Online

Dengan banyaknya kemudahan transaksi yang diberikan, terkadang kita terlena dan lupa untuk berhati-hati. Sebelum menggunakan aplikasi bayar listrik yang kamu pilih, yakin terlebih dahulu bahwa pilihan kamu tepat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dan menjauhkan resiko yang mungkin terjadi. Seperti biaya yang terlalu mahal, layanan yang lelet atau lambat atau tidak adanya jaminan jika masalah. Berikut ini beberapa tips yang harus anda ikuti sebelum melakukan pembayaran listrik secara online:

  • Pilih aplikasi yang tepercaya

Sebelum melakukan pembayaran atau pembelian token listrik pastikan bahwa aplikasi yang kamu pilih merupakan aplikasi tepercaya dan terjamin. Salah satu ciri-cirinya adalah memiliki lisensi dari pihah OJK atau Bank Indonesia. Ditandai dengan prosedur yang diterapkan memenuhi standart dari Bank Indonesia.

2. Nilailah dengan teliti

Dengan meningkatnya pengguna aplikasi bayar listrik, berbagai aplikasi dengan jasa pembayaranpun asik bermunculan. Karena itulah kamu harus melakukan penilaian yang lebih teliti. Ditengah persaingan yang ketat tentunya mereka berlomba-lomba memberikan harga murah. Namun jangan hanya menilai dari segi harga saja, perhatikan juga aspek lainnya. Seperti biaya transaksi, kecepatan transaksi dan waktu pelayanan yang diberikan.

3. Perhatikan kelengkapan fitur

Tips selanjutnya adalah perhatikan fitur yang disediakan oleh aplikasi bayar listrik yang kamu pilih. Nilailah kelengkapan yang disediakan. Apakah terbatas hanya untuk transaksi tertentu atau dapat digunakan untuk berbagai transaksi lain. Seperti transfer uang ke sesama aplikasi atau ke lain bank, pembayaran berbagai tagihan dan sebagainya. Tujuannya supaya kamu hanya menggunakan satu aplikasi saja untuk melakukan banyak pembayaran. sehingga lebih simpel dan mudah.

4. Mudah digunakan

Pilihlah aplikasi dengan penampilan interface yang mudah digunakan dan dipahami. Dengan begitu kamu tidak akan pusing ketika melakukan setiap tahapan pembayaran. Dengan penampilan yang sederhana pengguna baru pun tidak akan kesulitan menggunakannya. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika memilih aplikasi bayar listrik yang terbaik. Wijaya Komunika (WiPay) merupakan sebuah aplikasi distributor pulsa dan PPOB harga murah tepercaya. Kamu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Produk yang tersedia sangatlah lengkap, bukan hanya token listrik, pulsa prabayar atau PPOB saja. Namun juga tersedia voucher game, saldo e-commerce, e-wallet dan banyak lagi. 

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?