Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Manfaat yang Didapatkan Semua Peserta BPJS Kesehatan

Masyarakat Indonesia tentunya familiar dengan layanan BPJS Kesehatan maupun turunannya, seperti BPJS Ketenagakerjaan. Keduanya merupakan layanan asuransi atau perlindungan terhadap kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia. Sifatnya gotong royong dan wajib, sehingga semua masyarakat Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta.

5 Manfaat yang Didapatkan Semua Peserta BPJS Kesehatan

Manfaat yang Diberikan BPJS Kesehatan

Sebagai asuransi kesehatan nasional yang dikelola oleh pemerintah, tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan tentu sangat diuntungkan. Sebab BPJS Kesehatan sendiri memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

1. Menanggung Semua Jenis Penyakit

Manfaat pertama dari BPJS Kesehatan yang dipastikan dirasakan oleh seluruh pesertanya adalah jenis penyakit yang ditanggung tidak ada batas. Artinya semua jenis penyakit akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan tersebut tanpa terkecuali. Jika asuransi perusahaan swasta punya batasan penyakit tertentu dan tidak tercover, maka tidak dengan asuransi nasional ini.

2. Menanggung Peserta Segala Usia

BPJS Kesehatan juga akan menanggung semua peserta di segala usia selama tercatat sebagai penduduk di Indonesia. Sebab sifat BPJS Kesehatan ini wajib, dan siapa saja tidak peduli sudah renta atau masih bayi bahkan masih dalam kandungan bisa mendaftar. Sehingga tidak peduli punya riwayat penyakit apa dan sudah di usia berapa Anda tetap bisa menjadi peserta.

3. Biaya yang Terjangkau

Jika membahas masalah asuransi kesehatan dijamin akan langsung terbayang pada biaya premi yang tinggi. Asuransi perusahaan swasta biasanya memberi biaya premi ratusan ribu setiap bulannya, semakin sepuh pesertanya semakin mahal preminya. Pun dengan catatan riwayat kesehatan yang dimiliki, jika pernah sakit maka preminya tinggi dan jika mengidap penyakit menahun maka ditolak pengajuannya.

BPJS Kesehatan hadir sebagai solusi karena selain tidak memandang usia dan riwayat kesehatan. Layanan asuransi nasional ini juga hadir dengan premi yang terjangkau. Meskipun sudah naik dua kali lipat sejak awal tahun 2020, namun tetap lebih murah dibanding asuransi kesehatan swasta.

4. Akses Layanan Kesehatan yang Mudah

Menjadi peserta BPJS Kesehatan pun tidak perlu cemas, karena setiap kali sakit baik ringan maupun berat bisa langsung mengakses layanan kesehatan. Cukup datangi Faskes I dan akan mendapatkan pemeriksaan dan obat yang sesuai. Jika Faskes I tidak memadai lagi maka dirujuk ke rumah sakit besar.

5. Tidak Perlu Mengajukan Klaim

Punya asuransi kesehatan memang membuat hati tenang, namun saat sakit biasanya harus menggunakan dana pribadi dulu untuk kemudian diklaim. Proses klaim pun tidak sepenuhnya mudah karena ada beberapa biaya yang kemudian tidak ikut tanggungan.

Kejadian seperti ini tidak akan dialami peserta BPJS Kesehatan sebab semua penyakit ditanggung dan tanpa pengajuan klaim. Selama masuk ke rumah sakit memiliki kartu BPJS maka tidak perlu membayar lagi untuk semua layanan kesehatan yang didapatkan.

Menjadi peserta BPJS Kesehatan memang menguntungkan karena bisa mendapatkan semua manfaat di atas. Tanpa perlu membayar premi mahal Anda sudah mendapatkan layanan kesehatan terbaik. Jadi, pastikan membayar iuran tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now