Memperkenalkan dan memasarkan produk memang terbilang mudah, tinggal memilih teknik pemasaran dan dilaksanakan. Namun PR besar justru muncul setelahnya, yakni sanggupkah teknik pemasaran tersebut membuat produk dikenal dan kemudian laku terjual di pasaran? Membuat produk laris manis bak kacang goreng adalah hal sulit, dan banyak usaha perlu dilakukan untuk mencapainya.
Cara Membuat Produk Laris di Pasaran
Produk yang tidak laku membuat usaha tidak memiliki pemasukan dan kemudian terjadi kebangkrutan. Mencegahnya, maka Anda perlu mengupayakan untuk menjadikan produk tersebut laris di pasaran. Adapun cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:
1. Melakukan Promosi Secara Kontinyu dan Efektif
Cara pertama untuk membuat suatu produk laris di pasaran tentu saja dengan melakukan promosi. Ada beberapa hal perlu dicatat saat melakukan promosi, dimulai dari promosi secara kontinyu karena kadang efek promosi tidak seketika. Selain itu perlu memilih promosi yang efektif, bisa juga mengkombinasikan promosi offline dan online sekaligus.
2. Sesuaikan dengan Karakter Target Pasar
Anda juga bisa membuat suatu produk laris manis ketika sudah sesuai dengan karakter dari target pasar. Misalnya saja Anda menjual buku bacaan seperti novel, dengan genre yang cocok dipasarkan ke anak muda. Maka perlu membuat desain toko buku yang kekinian dan khas anak remaja.
3. Memilih Lokasi Strategis
Lokasi memegang peran yang cukup penting, sekalipun usaha promosi efektif bisa mendukung usaha di lokasi tidak strategis. Namun perlu diakui bahwa lokasi strategis lebih menguntungkan, karena bahkan tanpa promosi pun produk bisa laku terjual dan bahkan laris manis.
4. Membuat Nama Brand yang Menarik
Nama brand yang dimiliki seharusnya menarik, unik, dan juga punya nilai jual yang tinggi. Oleh sebab itu, jangan asal dalam membuat nama brand. Lakukan survei dulu untuk menemukan inspirasi nama yang sesuai.
5. Menjaga Kualitas Produk
Kualitas produk yang bagus dan kemudian terjaga untuk kurun waktu yang lama adalah hal penting. Sebab kualitas ini akan menjamin bahwa produk selalu dicari dan laku terjual di pasaran.
6. Meningkatkan Kualitas Layanan
Selain kualitas produk, kualitas layanan juga perlu dijaga dan ditingkatkan. Oleh sebab itu paham betul bagaimana melayani konsumen sebagai raja dan secara profesional. Supaya mereka suka dan selalu membeli produk Anda.
7. Selalu Berikan Pengalaman Terbaik pada Pelanggan
Usahakan pula untuk selalu memberi pengalaman terbaik pada pelanggan yang melakukan pembelian. Caranya bagaimana? Tentunya dengan pelayanan yang ramah dan informatif, manajemen komplain secara cerdas dan baik, dan juga selalu memberi masukan kepada pelanggan untuk membeli produk yang tepat tanpa unsur memaksa dan condong menawarkan satu produk saja (artinya wajib netral).
Menerapkan beberapa atau semua cara di atas akan membantu melariskan produk yang dimiliki di pasaran. Jadi, silahkan menerapkannya dan bisa dimulai dari cara-cara yang paling mudah menurut pandangan Anda.