Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Apa Akibatnya Jika Sahur Secara Berlebihan

Pada hakikatnya segala sesuatu yang berlebihan memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh, termasuk jika sahur yang dilakukan berlebihan.

Sahur sendiri memang menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk menyiapkan kebutuhan energi guna melaksanakan ibadah puasa di siang harinya.Biasanya ketika sahur masyarakat Indonesia cenderung mengkonsumsi nasi dengan berbagai aneka ragam lauk pauk.

Namun sebaiknya kita tidak melakukan sahur secara berlebihan, sebab akan ada dampaknya bagi tubuh. Agar lebih jelas, mari simak informasi seputar dampak sahur secara berlebihan bagi tubuh berikut ini.

Apa Akibatnya Jika Sahur Secara Berlebihan

4 Dampak Sahur Berlebihan Bagi Tubuh

Lagi-lagi perlu ditegaskan bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Terkait dengan sahur secara berlebihan ini, maka memang akan ada sejumlah dampak yang akan diterima. Apa saja dampaknya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengalami Kenaikan Berat Badan

Dampak pertama yang akan diterima adalah mengalami kenaikan berat badan. Tentunya setiap orang sangat ingin menjaga bentuk ideal dari badannya, sehingga pelaksanaan ibadah puasa dapat menjadi kesempatan untuk mewujudkan hal tersebut.

Namun ketika sahur dilakukan secara berlebihan, maka hasilnya justru akan menaikkan berat badan. Pasalnya semakin banyak makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula potensi lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

2. Mudah Mengantuk

Dampak lainnya juga akan dirasa ketika sahur berlebihan adalah tubuh akan mudah lelah dan merasa kantuk. Hal terjadi karena adanya aktivitas produksi hormon serotonin dan melatonin yang berlebihan, sehingga menimbulkan rasa kantuk yang hebat.

Tentunya hal ini tidak baik jika diabaikan, sebab setelah sahur kita akan melaksanakan ibadah shalat subuh. Sementara jika telah merasakan kantuk, maka bisa jadi shalat subuh akan terlewatkan.

3. Malas untuk Beraktivitas

Dampak ketiga adalah tubuh akan merasa malas untuk beraktivitas. Mengapa ini bisa terjadi? Ketika sahur dilakukan secara berlebihan, maka sudah pasti tubuh pun akan menerima pasokan makanan dalam jumlah besar.

Hasilnya tubuh akan merasakan kekenyangan. Semakin besar rasa kenyang itu, biasanya akan semakin membuat orang untuk malas beraktivitas. Mereka cenderung berdiam diri bahkan sampai tertidur.

4. Meningkatkan Risiko Terserang Penyakit

Dampak berikutnya adalah meningkatkan risiko terserang penyakit. Ketika makan secara berlebihan, maka tubuh pun akan mengalami gangguan pada sistem metabolismenya.

Sehingga tidak heran hal itu akan memperbesar resiko terserang berbagai jenis penyakit. Seperti gula darah, kolesterol, jantung, dan lain sebagainya.

Jika memperhatikan beberapa dampak tadi, sebaiknya aturlah kegiatan makan sahur kita agar tidak berlebihan. Makanlah sahur dengan secukupnya, serta memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya