Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Apakah Betul Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona

Seiring dengan adanya penyebaran virus corona, maka masker pun menjadi salah satu barang yang sulit untuk ditemukan. Bahkan jika ada, maka harganya pun jauh lebih mahal dari harga normalnya. Hal ini terjadi disebabkan banyak permintaan masker oleh masyarakat, serta adanya oknum yang memanfaatkan hal tersebut untuk menimbun masker. Namun, apakah benar bahwa masker dapat mencegah penularan virus corona (covid-19)?

Apakah Betul Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona

Fakta Seputar Penggunaan Masker Selama Pandemi Covid-19

Masker sejatinya memiliki fungsi untuk melindungi saluran pernapasan dari debu dan partikel kecil lainnya. Biasanya masker lebih banyak digunakan ketika berada di luar rumah, serta melakukan kegiatan yang menyebabkan adanya debu.

Namun kini masker justru cenderung lebih sering digunakan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Lantas, apakah bisa masker melindungi kita dari virus tersebut? Berikut fakta seputar penggunaan masker selama pandemi covid-19 yang perlu diketahui.

1. Masker Menjadi Barang “Mahal”

Sebagaimana telah dijelaskan di awal tadi bahwa seiring dengan adanya pandemi covid-19 ini, maka masker menjadi suatu barang yang “mahal”. Keberadaannya pun cenderung sulit ditemukan, khususnya masker medis yang biasa dijual di apotik. Jika ada, maka pembeliannya pun terbatas dengan harga yang lebih mahal dari biasanya.

2. Penggunaan Masker yang Benar

Pada dasarnya masker digunakan untuk melindungi diri dari segala benda asing yang masuk melalui jalur pernapasan. Namun terkait penggunaan masker ada aturan tersendiri yang perlu diperhatikan. Masker medis (yang biasa dijual di apotek) hanya diperuntukan para tenaga medis dan orang yang sedang sakit. Namun bagi masyarakat awam dapat menggunakan masker kain, baik buatan sendiri maupun yang telah dijual di pasaran.

3. WHO Telah Menyarankan Menggunakan Masker

Sebelumnya WHO menjelaskan bahwa masker hanya diperuntukan bagi orang sakit, tenaga medis, serta orang yang berpotensi sakit. Namun kali ini, WHO telah memberikan saran agar seluruh lapisan masyarakat menggunakan masker, khususnya ketika berada di luar rumah. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya penularan virus covid-19.

4. Masker Sebagai Bentuk APD Selama Pandemi Covid-19

Penjelasan lainnya tentang penggunaan masker ini adalah berkaitan dengan APD (Alat Pelindung Diri). WHO menjelaskan bahwa kebanyakan infeksi virus terjadi karena kekurangan APD di tengah masyarakat. Oleh karena itu, masker dapat menjadi salah satu APD yang dapat digunakan untuk mencegah penularan virus.

Kesimpulannya, penggunaan masker memang dapat mencegah penularan virus corona. Namun tidak hanya dengan menggunakan masker saja, kita pun harus tetap memperhatikan kebersihan diri. Terlebih setelah beraktivitas di luar rumah, maka usahakanlah untuk mencuci tangan. Kemudian selama berada di luar rumah, usahakan tidak menyentuh langsung bagian hidung dan mata. Hal demikian ini juga penting untuk dilakukan agar terhindar dari penularan virus covid-19.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya