Aplikasi Payment Gateway Untuk Bisnis Berkembang Lebih Pesat

aplikasi-payment-gateway

Dalam kehidupan ini kita tidak bisa dipisahkan dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Hampir seluruh kegiatan terpengaruh oleh teknologi, mulai dari kegiatan dirumah, belajar, pekerjaan bisnis dan sebagainya. Salah satu contohnya yaitu sebuah aplikasi payment gateway yang akan mempermudah pembayaran secara online. Saat ini cara tersebut telah banyak digunakan untuk menunjang perkembangan bisnis.

Biasanya aplikasi pembayaran ini digunakan oleh para penjual untuk memberikan pelayanan yang memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak yang menggunakannya dalam bisnis atau usaha.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payment Gateway Dalam Bisnis

Payment artinya pembayaran dan gateway artinya adalah gerbang, jika digabungkan artinya yaitu gerbang pembayaran. Aplikasi payment gateway adalah sebuah layanan yang akan memudahkan pembayaran antara penjual dan pembeli bertransaksi secara online. Dalam sistem ini memungkinkan untuk menerima pembayaran dari berbagai metode seperti kartu kredit atau debit, e-wallet, bank transfer dan sebagainya dalam waktu yang bersamaan. Dari pengertian ini kita dapat mengerti bahwa aplikasi ini memiliki keuntungan yang luas. Berikut ini beberapa keuntungan ketika menggunakannya dalam bisnis:

1. Tidak diperlukan banyak rekening

Keuntungan yang pertama yaitu tidak diperlukannya banyak rekening baru maupun banyak metode pembayaran yang dapat digunakan. Aplikasi payment gateway akan membuat kita secara otomatis terhubung dengan berbagai bank Indonesia hanya dalam satu kali integrasi. Nantinya keuangan akan terkumpul dalam satu dashboard yang membuat kita tidak perlu membuka rekening atau akun e-wallet untuk memfasilitasi pembayaran pelanggan. Dengan begitu pelaku bisnis tidak akan mengalami kebingungan untuk mengurus banyaknya rekening.

2. Jangkauan lebih luas

Dengan aplikasi pembayaran ini bisnis akan memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan pembayaran secara manual atau cash. Dengan pembayaran yang dapat dilakukan secara online tentu kita dapat melayani pelanggan dari berbagai daerah. Bahkan kita juga dapat menjangkau pelanggan luar negeri untuk lebih mengembangkan bisnis. 

3. Aman

Keuntungan yang ketiga adalah lebih aman baik bagi pelanggan ataupun penjual. Bagi konsumen tentu akan meningkatkan kepercayaan untuk melakukan transaksi pembayaran. Karena aplikasi payment gateway telah dilengkapi dengan teknologi fraud detection, sebuah teknologi yang dapat mendeteksi sebuah penipuan. Selain itu bagi penjual juga akan lebih aman, karena tidak akan ada bukti pembayaran palsu. Sehingga akan terhindar dari kerugian. 

4. Memudahkan dalam pencatatan transaksi

Pencatatan transaksi dan keuangan sangatlah memusingkan bagi para pelaku bisnis. Salah satu angka saja semua akan menjadi berantakan. Dengan payment gateway tidak perlu lagi pusing memikirkan hal seperti ini. Karena setiap transaksi akan dicatat secara otomatis oleh sistem tanpa ada yang terlewatkan. Tentunya hal ini juga dapat menghindarkan dari kesalahan pencatatan. Selain itu sistem juga akan mengirimkan laporan keuangan harian secara otomatis dan statistik penjualan yang dapat diakses secara real time.

5. Transaksi tanpa batasan

Aplikasi payment gateway tidak memiliki batasan jumlah transaksi dalam waktu yang bersamaan. Baik dalam jumlah puluhan, ratusan hingga ribuan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh para pelanggan dengan menggunakan metode yang berbeda-beda. Dengan begitu kita tidak akan kualahan menangani banyak konsumen dalam satu waktu.

6. Memberikan kemudahan dalam bertransaksi

Payment gateway menyediakan beragam metode pembayaran yang akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi. Terlebih dengan pembayaran yang dilakukan secara online yang membuat konsumen dapat membayar kapan dan dimana saja. Dengan begitu akan membuat pelanggan tidak ragu-ragu untuk melakukan pembelian ulang. 

Itulah beberapa keuntungan yang akan membuat bisnis dapat berkembang lebih pesat. Dan tentunya akan mendapatkan target pasar yang lebih luas. Keuntungan tersebut bukan hanya untuk pembisnis melainkan juga bagi para pelanggan .

4 Contoh Payment Gateway di Indonesia

Supaya bisnis dapat berkembang dan tentunya mengalami peningkatan penjualan penggunaan payment gateway sangat diperlukan. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya, memaksa kita harus mengikuti supaya tidak tertinggal. Ditengah itu semua tentu membuat beragam aplikasi bermunculan sehingga membuat kita bingung untuk memilihnya. Berikut ada 5 aplikasi yang mungkin dapat menjadi rekomendasi, yaitu:

  • Doku

Sudah berdiri sejak tahun 2007 yang telah bekerja sama dengan 150.000 mitra usaha dan telah digunakan lebih dari 3 juta orang. Banyak sekali layanan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. 

  • Midtrans

Sebelumnya bernama Veritrans yang didirikan pada tahun 2012 dan telah dipercaya oleh 500 ribu merchant. Mitrans memiliki metode pembayaran yang bervariatif, mulai dari e-wallet, internet bangking, transfer bank atau minimarket.

  • Faspay

Berdiri sejak tahun 2003 dan telah memiliki 1500 mitra usaha dan klien dari berbagai perusahaan besar. Faspay ini telah memiliki lisensi resmi dari pihak BI dan telah mendapatkan penghargaan sebagai best payment gateway.

  • Finpay

Merupakan cabang dari perusahaan Telkom Indonesia yang didirikan pada tahun 2006. Layanan unggulannya yaitu Finpay Link yang berisikan metode pembayaran dan support pembayaran di media sosial, aplikasi dan Finpay Invoice. 

Itulah beberapa pembahasan tentang aplikasi payment gateway dan juga beberapa contohnya. Buat kamu yang ingin memulai usaha untuk mendapatkan uang tambahan dapat menggunakan aplikasi Wijaya Komunika (WiPay). Sebuah aplikasi yang menyediakan beragam produk, seperti pulsa dan paket data, token listrik, voucher game, pembayaran tagihan, top up e-wallet, dan transfer uang. 

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?