Arti Pln Prabayar Penjelasan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Arti Pln Prabayar

Arti Pln Prabayar, PLN merupakan perusahaan BUMN tunggal yang menyediakan listrik untuk negara.
Seiring perjalanannya, PLN memberikan Beberapa jenis layanan berbeda untuk pengguna, yakni layanan prabayar dan pascabayar. Dalam hal pemakaian, sebenarnya tidak ada perbedaan dalam layanan PLN prabayar maupun pascabayar. Keduanya memiliki tarif listrik yang sama, sehingga tidak ada istilah, lebih hemat pakai prabayar, ataupun sebaliknya.

Arti Pln Prabayar

Yuk simak penjelasan lebih lanjut berikut ini:

Listrik Pln Prabayar

Listrik prabayar atau listrik pintar adalah layanan pembayaran listrik yang dilakukan di awal atau menggunakan sistem token. Melalui sistem token, pelanggan bisa mengisi tekanan listrik sesuai dengan kemampuan, mulai dari 20 ribu hingga 1 juta lebih.

Kelebihan dan kekurangan Pln Prabayar

Kelebihan:

1. Penggunaan listrik lebih terkendali

Ketika menggunakan token, kamu akan lebih memahami berapa lama listrik akan tahan dengan penggunaan rutin di tempat tinggal kamu untuk setiap token yang kamu beli. Sehingga kamu bisa lebih mengendalikan penggunaan listrik di rumah.

2. Tidak akan disanksi denda pemutusan atau keterlambatan

Pembayaran listrik di tempat kamu tinggal bergantung pada daya listrik yang kamu gunakan. Ketika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan untuk sementara waktu, kamu tinggal membiarkan saja dengan tidak membeli token listrik. Selain itu, selama daya listrik (kWh) masih tersisa, tidak ada batas masa aktif.

3. Pembelian sesuai dengan kemampuan

Ketika uang sedang pas–pasan, kamu bisa membeli listrik sesuai dengan kemampuan kamu dan berusaha untuk lebih irit listrik lagi sehingga listrik menyala dalam waktu yang lebih lama.

Kekurangan:

1. Sistem sering terganggu pada jam-jam tertentu

Jika kamu kehabisan listrik di malam hari, pada jam-jam tertentu seperti 23:00-01.00 seringkali pembelian token sedang offline, sehingga kamu harus menunggu sampai sistemnya kembali online. Sebaiknya kamu tidak menunggu sampai listrik benar-benar mau habis untuk berjaga-jaga.

2. Kamu harus disiplin

Selain disiplin dalam penggunaan, kamu juga harus disiplin mencatat kapan terakhir membeli token listrik untuk memprediksi kapan harus beli lagi.

3. Jika token habis, listrik mati

Kalau kamu meninggalkan rumah/kos dalam keadaan kosong, sementara ada beberapa perabot rumah yang tetap harus dinyalakan seperti kulkas, kamu dihadapkan pada kemungkinan listrik mati ketika sedang kosong. Hal tersebut cukup merugikan karena isi kulkas bisa rusak atau basi karena kulkas tidak menyala. Listrik mati karena token habis di jam tertentu juga bisa cukup mengganggu kenyamanan.

Rekomendasi Aplikasi Pembelian Listrik Pln Prabayar

Saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur pembayaran yang murah dan menguntungkan. Namun kita harus hati-hati ketika melakukan pemilihan. Jangan asal-asalan instal aplikasi yang kita tidak ketahui dengan baik. Karena saat ini kejahatan digital semakin marak terjadi dan sangat sulit untuk dihindari. Bisa saja kita akan sadar ketika uangnya sudah lenyap. Berikut ini aplikasi tagihan listrik PLN yang dijamin aman, yaitu:

  • PLN Mobile

Aplikasi ini resmi dari pihak PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyaratkat. Baik itu untuk pembayaran, permintaan pemasangan baru, menaikan daya atau perbaikan. Kita dapat mengunduh aplikasi ini dari App Store atau Google play.

Ini adalah sebuah distributor pulsa dan PPOB yang dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan listrik bulanan. Tentunya aplikasi ini sangat aman digunakan, karena telah memiliki legalitas yang jelas. Selain dapat memenuhi kebutuhan pribadi, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha. Dengan mendaftar menjadi mitra kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Sehingga ketika menjual kembali produk yang tersedia, keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.

  • Mobile Banking

Aplikasi mobile banking ini dapat dimanfaatkan ketika sudah memiliki akun rekening di bank yang diinginkan. Baru kemudian dapat menikmati layanan yang ada. Salah satunya yaitu membayar tagihan listrik PLN.

  • Aplikasi e-wallet

E-wallet atau dompet digital memiliki fungsi yang hampir sama dengan dompet pada dunia nyata yaitu menyimpan sejumlah uang untuk memudahkan pembayaran. Kita juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membayar tagihan atau membeli token listrik. Contoh aplikasinya seperti Dana, Link Aja, Ovo, Go Pay dan sebagainya. Pastikan memilih yang sudah memiliki izin dari pihak yang berwenang seperti OJK atau BI.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi tagihan listrik PLN baik untuk mengecek atau melakukan pembayaran dengan mudah dan aman.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?
DAFTAR IOS368 IOS368 IOS368 IOS368 https://ios368.tjrbbti.com/