Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Bahaya Spam SMS Chat-V dan Cara Mengatasinya

Di era digital ini, ponsel pintar menjadi salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Dengan perangkat ini, aktivitas mulai dari komunikasi sampai perjalanan dapat dilakukan dengan mudah.

Apalagi saat ini, hampir semua pengguna ponsel pintar akan lebih sering menatap layar ponselnya karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti membalas sms, menerima sms, menelepon hingga membuka sosial media.

Meski ponsel menjadi alat utama yang akan digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, tapi Anda tidak boleh lengah. Karena kejahatan bisa saja menyasar ke perangkat ponsel pintar Anda.

Dan beberapa waktu lalu terdengar kabar bahwa muncul jenis penipuan model baru yang berisikan spam chat atau dikenal dengan nama SMS Chat-V. SMS yang diawali dengan Chat-V ini akan dikirim ke para pengguna smartphone yang ada tautan di dalamnya.

Jika Anda menekan link tautan tersebut, aplikasi berbahaya pun akan langsung diinstall pada ponsel yang digunakan. Dan bahkan, aplikasi ini pun berbahaya karena dapat mencuri diam-diam data penggunanya. Untuk itu, Anda harus atasi spam SMS Chat-V ini jika tidak ingin berada dalam keadaan yang berbahaya.

Bahaya Spam SMS Chat-V dan Cara Mengatasinya

Tips Atasi SMS Chat-V

Jika Anda tidak ingin berada dalam bahaya karena ada SMS Chat-V yang masuk ke ponsel, maka beberapa tips berikut ini bisa Anda coba lakukan:

1. Selalu waspada terhadap pesan yang masuk

Jika Anda mendapatkan sms atau notifikasi yang berisikan tautan tidak dikenal, sebaiknya abaikan atau bila perlu hapus pesan tersebut. Bahkan jika nomornya terpercaya sekalipun, disarankan untuk tidak buka tautannya karena ini bisa saja termasuk spam SMS tapi dengan modus kejahatan yang jauh lebih rapi.

2. Menggunakan aplikasi anti virus

Jika ternyata Anda terlanjur menekan link yang ada di SMS Chat-V tersebut, sebaiknya pasang aplikasi anti malware atau anti virus dari Google Play Store baik berbasis android maupun ios.

3. Melakukan factory reset

Factory reset adalah mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Ini menjadi cara ampuh yang bisa Anda gunakan apabila smartphone Anda tengah mengalami masalah. Dan dalam hal ini, Anda sudah menekan link dari spam SMS Chat-V. Jika Anda tidak ingin menginstall anti virus, Anda bisa lakukan cara ini.

Tapi jika Anda menggunakan factory reset maka Anda harus merelakan jika semua data yang ada di ponsel Anda akan hilang sepenuhnya. Anda bisa menyalin dulu semua data dari ponsel ke tempat penyimpanan cloud.

Jadi, jika Anda pernah menjadi korban SMS Chat-V atau bahkan pernah membuka link atau tautan dari pesan yang tidak dikenal, sebaiknya Anda langsung terapkan salah satu cara diatas. Karena jika Anda hanya diam saja, maka data di ponsel Anda bisa saja dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya