Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Bantuan Pemerintah di Tengah Pandemi Corona

Kemunculan wabah virus corona atau yang juga dikenal dengan covid 19 di Indonesia nyatanya memberikan dampak yang luar biasa di berbagai aspek. Beragam upaya terus dilakukan pemerintah guna mencegah penyebaran yang semakin luas. Salah satunya dengan memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Di sisi lain, pemerintah juga berupaya untuk tetap bisa mensejahterakan masyarakat di tengah pandemi corona. Apa saja bantuan pemerintah selama pandemi corona di Indonesia?

Bantuan Pemerintah di Tengah Pandemi Corona

Jenis Bantuan Pemerintah selama Corona

Adanya sejumlah pembatasan sosial tentu memberikan banyak dampak dalam kehidupan masyarakat. Inilah mengapa pemerintah pun membuat sejumlah kebijakan untuk bisa tetap memberikan kesejahteraan di tengah pandemi corona. Berikut ini beberapa jenis bantuan dari pemerintah kepada masyarakat selama corona.

1. Penambahan Jumlah Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)

Program PKH sendiri sebenarnya sudah dijalankan oleh Kementerian Sosial untuk membantu keluarga miskin di Indonesia. Terkait adanya pandemi corona di Indonesia, pemerintah akan meningkatkan jumlah penerima manfaat program tersebut dan besarannya pun dinaikkan. Penambahan jumlah penerima manfaat dari program PKH ini akan efektif mulai bulan April 2020.

2. Menambah Jumlah Penerima Kartu Sembako

Bantuan pemerintah kepada masyarakat selama pandemi corona juga bukan hanya dengan menambah jumlah penerima program PKH saja, melainkan juga menambah jumlah peseta Kartu Sembako. Diharapkan dengan adanya penambahan peserta program Kartu Sembako, rakyat miskin bisa lebih terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangan keseharian terutama ketika pandemi corona seperti saat ini.

3. Penambahan Jumlah Penerima Kartu Prakerja

Adanya penambahan jumlah penerima Kartu Prakerja diharapkan nantinya para pekerja informal serta pelaku usaha mikro dan kecil bisa terbantu dalam mempertahankan daya beli di masa sulit akibat wabah virus corona.

4. Memberikan Keringanan Biaya Tarif Listrik

Bagaimanapun listrik sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan keseharian masyarakat modern saat ini. Namun, adanya virus corona nyatanya membuat banyak masyarakat mengalami penurunan bahkan kehilangan pemasukan sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan termasuk membayar biaya tagihan listrik. Hal inilah yang membuat pemerintah membuat kebijakan tentang pemberian keringanan biaya listrik selama tiga bulan dan tak menutup kemungkinan akan diperpanjang mengingat wabah corona pun belum menunjukkan akan usai.

5. Menyediakan Dana Pemenuhan Kebutuhan Pokok

Saat ini pemerintah telah mencadangkan dana sebesar Rp 25 triliun untuk memenuhi kebutuhan pokok serta operasi pasar dan logistik.

6. Memberikan Keringanan Pembayaran Kredit

Keringanan pembayaran kredit atau cicilan tersebut ditujukan bagi para pekerja informal serta pelaku UMKM dengan nilai kredit di bawah Rp 10 miliar. Pekerja informal dan pelaku UMKM yang mengandalkan pendapatan harian pastinya cukup terdampak adanya virus corona yang mewabah saat ini. Prosedur pengajuan kreditnya pun tanpa harus datang ke bani atau perusahaan leasing, melainkan melalui email ataupun media komunikasi digital lainnya.

Itulah beberapa jenis bantuan pemerintah kepada masyarakat selama pandemi corona. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan bersama-sama melawan pandemi corona di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now