Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Beberapa Jenis Hardware pada Komputer

Hardware atau perangkat keras merupakan salah satu komponen yang ada pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk dapat menjalankan suatu perintah yang sudah diprogramkan ke dalamnya.

Hardware memiliki beberapa macam yang tentunya memiliki kegunaan masing-masing. Jadi sebelum menjalankan sebuah komputer, sebaiknya ketahui dulu apa saja macam-macam dari hardware beserta kegunaannya.

Beberapa Macam Hardware pada Komputer

Macam-Macam Hardware pada Komputer

Ada beberapa macam hardware atau perangkat keras pada komputer yang penting untuk diketahui seperti:

1. CPU atau Central Processing Unit

Salah satu bagian penting yang ada pada perangkat komputer adalah CPU atau Central Processing Unit.

CPU merupakan pusat pengendalian serta pemrosesan komputer yang akan mengatur perintah yang diberikan dan semua kegiatan yang dilakukan. Bisa dikatakan CPU ini adalah otak komputer.

2. Motherboard atau Mainboard

Ada juga mainboard dimana tujuan dari perangkat ini adalah tempatnya beberapa komponen elektronik yang saling berhubungan dan memiliki chip bios, slot, port serta jalur konektor yang menjadi penghubung pada masing-masing perangkat tersebut.

3. Monitor

Perangkat keras yang ketiga ada monitor yang merupakan perangkat keluaran yang kegunaannya adalah untuk mengeluarkan hasil kegiatan atau pemrosesan.

4. Keyboard

Keyboard merupaakn perangkat input atau masukan yang digunakan untuk menginput data baik berupa huruf, angka serta simbol.

Perangkat ini juga dapat melakukan berbagai perintah seperti menyimpan file atau membuka file.

5. Mouse

Selain keyboard, ada juga mouse yang termasuk ke dalam perangkat masukan dimana fungsi dari mouse adalah sebagai penunjuk dimana posisi kursor atau pointer berada.

6. Harddisk

Harddisk juga termasuk perangkat keras dimana perangkat ini dibuat dari bahan kaku denga lapisan piring magnetik oksida. Harddisk merupakan tempat penyimpanan yang memiliki kapasitas sangat besar.

7. Ram atau Random Access Memory

Ada juga RAM dimana fungsinya adalah menjadi tempat untuk pengguna atau user dalam menemukan berbagai instruksi yang dikerjakan dan menjadi media penyimpanan untuk sementara.

8. Power supply

Perangkat keras bernama power supply ini digunakan untuk memberikan energi arus listrik dan tenaga pada komputer.

9. Processor

Processor merupakan perangkat keras yang kegunaannya adalah untuk membaca, mengartikan dan melaksanakan perintah yang dibuat oleh pelaksanaan program.

10. LAN atau Local Area Network

Perangkat keras ini merupakan penghubung antara komputer server dengan client pada sebuah jaringan LAN.

11. VGA Card

VGA Card berfungsi mengubah sinyal digital ke dalam sinyal gambar. Perangkat ini juga termasuk perangkat keras pada sebuah komputer.

12. Printer

Dan perangkat keras terakhir yang akan dibahas disini adalah printer dimana fungsinya adalah mencetak hasil data seperti foto atau gambar serta tulisan dengan menggunakan media kertas.

Perangkat komputer sebenarnya memiliki banyak sekali macamnya dimana pada masing-masing perangkat memiliki fungsi yang akan memudahkan user pada saat menggunakan komputer.

Jadi ada baiknya ketahui dulu macam-macam hardware karena selain yang dibahas disini masih ada banyak lagi hardware lain yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya