Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Berbagai Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Puasa diketahui sebagai suatu perubahan pola makan dengan cara tidak makan ataupun minum selama kurun waktu tertentu. Bagi umat muslim, puasa menjadi salah satu ibadah baik itu sunnah maupun wajib ketika memasuki bulan Ramadhan. Menjalankan puasa ternyata memberi segunung manfaat bagi tubuh, dan berikut ulasannya.

Berbagai Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa untuk Tubuh

Menjalankan ibadah puasa ternyata tidak hanya karena alasan tengah menjalankan ibadah wajib saja. Namun juga karena memberi manfaat besar bagi kesehatan tubuh, manfaatnya sendiri antara lain:

1. Menjadikan Jantung Sehat

Puasa diketahui bermanfaat baik bagi kesehatan jantung dan dapat terjadi karena bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Sekaligus meningkatkan kolesterol baik yakni HDL sehingga mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Peredaran darah pun lancar yang kemudian meringankan kinerja jantung.

2. Efektif Mengeluarkan Racun di Tubuh

Puasa disebut-sebut sebagai ibadah yang membantu mendetoks tubuh secara alami dan maksimal. Sebab saat tubuh berpuasa maka asupan racun yang berasal dari makanan dan minuman berkurang. Selain itu metabolisme tubuh membaik yang memaksimalkan kinerja organ untuk mengeluarkan seluruh tumpukan racun.

3. Solusi Menjaga Berat Badan

Proses detoks yang terjadi secara alami selama berpuasa membuat usus di dalam tubuh dalam kondisi bersih. Tidak ada tumpukan sisa pencernaan maupun sampah lain sehingga perut lebih ramping dan berat badan terkontrol bahkan turun dengan sendirinya.

4. Menyehatkan Organ Ginjal

Puasa juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan organ ginjal karena meringankan tugasnya dalam menyaring dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Sehingga dengan berpuasa maka seseorang bisa melindungi organ ginjal ini agar tidak mudah mengalami masalah.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat berpuasa maka tubuh akan menghasilkan limfosit hingga sepuluh kali lipat lebih banyak. Kondisi ini akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak hanya bugar namun juga tidak mudah sakit.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan menjalani ibadah puasa maka akan merangsang sel saraf memproduksi neurotropik yang merangsang sel-sel otak. Hasilnya otak akan berfungsi lebih maksimal dan meningkat secara signifikan. Inilah alasan kenapa saat berpuasa justru lebih mudah berkonsentrasi.

7. Mampu Mencegah Diabetes

Ibadah puasa juga diketahui membantu mencegah diabetes, sebab membantu mengontrol maupun memangkas asupan gula ke dalam tubuh. Selain itu jika penderita diabetes berpuasa maka kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol. Sehingga berpuasa menjadi salah satu media pengobatan alami bagi diabetes untuk menghindari lonjakan gula darah yang berujung pada berbagai komplikasi.

Ibadah puasa yang selama ini identik dijalankan oleh umat muslim pada dasarnya bisa dijalankan oleh siapa saja. Sebab memberikan manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan. Tentunya menjadi berkah tersendiri bagi umat muslim karena diwajibkan berpuasa Ramadhan yang akan memperbaiki kesehatan tubuh secara alami setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya