Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Berkenalan dengan Manfaat Maupun Efek Negatif Olahraga Malam

Bagi Anda yang memiliki kesibukan super padat dari pagi sampai petang, kemungkinan mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal olahraga.

Berhubung kegiatan olahraga sangat bermanfaat maka banyak yang menyarankan melakukannya di malam hari.

Olahraga malam memang menjadi alternatif terakhir yang bisa dipilih, jika memungkinkan olahraga sebaiknya dilakukan di pagi maupun sore hari.

Berkenalan dengan Manfaat Maupun Efek Negatif Olahraga Malam

Manfaat dan Efek Negatif Olahraga Malam

Olahraga secara teratur memberi segunung manfaat bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Hanya saja saat berbenturan dengan jadwal kegiatan yang super padat, maka seseorang perlu teliti dan cermat mengatur jadwal kegiatan.

Menikmati olahraga malam bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda yang super sibuk.

Hanya saja olahraga di malam hari memiliki sejumlah kekurangan atau efek negatif, namun sekaligus memiliki sejumlah manfaat.

Dilihat dari segi manfaat olahraga di malam hari memberikan beberapa poin berikut ini:

1. Mengatasi Insomnia

Beberapa sumber menyebutkan bahwa menikmati olahraga malam bisa membantu memperbaiki kualitas tidur.

Rasa lelah yang dirasakan pasca olahraga akan membantu tubuh beristirahat lebih nyenyak semalam suntuk.

Supaya manfaat ini didapatkan, jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan selama berolahraga.

2. Meredakan Stres

Olahraga di malam hari membantu membuang toksin atau racun di dalam tubuh sekaligus meningkatkan produksi hormon bahagia.

Kondisi ini membantu meredakan stres dari tekanan pikiran selama bekerja seharian penuh. Oleh sebab itu jika rentan terkena stres, silahkan mencoba olahraga malam.

3. Kondisi Psikologi Membaik

Menikmati olahraga di malam hari juga efektif memperbaiki kondisi psikologis. Misalnya saja membantu mengontrol emosi sehingga tidak mudah marah.

Sekaligus dapat membantu membuat pikiran lebih jernih sehingga jauh dari berbagai pikiran negatif, yang kemudian mencegah rasa cemas yang berlebihan.

4. Menjaga Penampilan

Olahraga memang memberi dampak menguntungkan terhadap tampilan fisik seseorang, manfaat ini juga diberikan oleh olahraga malam.

Bahkan di sampaikan pula bahwa olahraga di malam hari lebih efektif menjaga dan menurunkan berat badan.

Tentunya dengan catatan kegiatan olahraga dilakukan dengan benar dan juga secara rutin.

Meskipun begitu, olahraga malam juga memunculkan sejumlah efek samping yang cenderung merugikan. Seperti:

  • Berpotensi menurunkan daya tahan tubuh, karena waktu istirahat tubuh berkurang. Sebab setelah seharian beraktifitas masih harus berolahraga sampai malam.
  • Mengganggu kesehatan paru-paru, sebab di waktu malam kadar oksigen menurun sehingga dianjurkan melakukan olahraga malam di dalam ruangan.
  • Olahraga kurang fokus karena tubuh kelelahan atau mengantuk.

Meminimalkan efek negatif ini bisa dengan mengatur jadwal istirahat secara tepat, agar bisa berolahraga dengan maksimal. Sekaligus hanya dilakukan ketika tubuh benar-benar fit agar tidak semakin drop.

Selain itu penting pula untuk memperhatikan asupan nutrisi, agar tubuh mendapatkan tenaga yang cukup untuk berolahraga secara teratur di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya