Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Efektif Mencegah Cedera Lutut Saat Berolahraga

Cara mencegah cedera lutut dapat dilakukan dengan cara alami. Cedera lutut adalah rasa nyeri pada area lutut yang umumnya disebabkan cedera akibat ligamen pecah atau tulang rawan yang robek.

Kondisi medis, seperti radang sendi, asam urat (gout) dan infeksi, juga menjadi penyebab nyeri lutut. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, untuk itu mungkin Anda harus mencari cara mencegah terjadinya nyeri lutut.

Cara Efektif Mencegah Cedera Lutut Saat Berolahraga

Cara Mencegah Cedera Lutut

Cedera lutut adalah keluhan yang sering menyerang orang-orang dari segala usia.

Meskipun banyak jenis nyeri sulit untuk dicegah, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal umum untuk mengurangi kemungkinan mengalami cedera atau nyeri lutut.

1. Menggunakan sepatu yang tepat untuk menopang berat badan

Selain meningkatkan tekanan pada lutut, mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengencangkan dan memperpendek otot betis – suatu kondisi yang dapat menarik kaki terlalu jauh ke dalam (overpronation).

Ketika kaki melakukan pronasi berlebihan, lengkungan kaki tak bisa menahan dan menyebabkan kaki bagian bawah bergulir ke dalam, menekan pergelangan kaki dan lutut.

Menggunakan sepatu atau flat shoes dengan tumit 2,5 Sentimeter atau lebih pendek, sepatu yang pas dapat menjaga kaki agar tidak bergeser ke kiri, depan, dan belakang.

Sementara sepatu dengan sol yang empuk sangat ideal untuk melindungi lutut.

Sepatu berbahan karet, dan sol anti-slip dapat membantu mencegah kaki terpeleset pada permukaan licin, yang juga dapat melukai lutut.

Jika berjalan, berlari, dan berolahraga secara teratur, gunakanlah sepatu khusus olahraga setiap tiga bulan atau lebih sering untuk memastikan bantalan melindungi lutut serta kaki, pergelangan kaki, pinggul, dan punggung.

2. Membentuk otot penopang pada lutut secara teratur

Otot yang lemah adalah penyebab utama cedera lutut, oleh karena itu perkuat dengan latihan.

Ada banyak manfaat melatih atau membentuk otot paha depan dan paha belakang, yang menopang lutut.

Latihan keseimbangan dan stabilitas dapat membantu otot-otot di sekitar lutut bekerja bersama dengan lebih efektif.

Karena otot yang tegang juga dapat menyebabkan cedera, jadi peregangan penting. Cobalah untuk melakukan latihan fleksibilitas secara teratur.

3. Menjaga kesehatan agar otot tetap kuat

Memiliki otot yang kuat secara keseluruhan membantu melindungi semua sendi, termasuk lutut. Otot inti yang kuat adalah fondasi postur yang baik dan keselarasan kerangka yang sehat.

Keduanya diperlukan untuk menyalurkan tekanan pada sendi secara merata dan melindungi lutut dari tekanan yang terlalu banyak.

4. Menjaga berat badan

Ini adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cedera lutut.

Karena kelebihan berat badan akan menambah ketegangan pada persendian, terutama pada pinggul, lutut, pergelangan kaki dan kaki.

Tekanan yang berlebihan pada sendi dapat meningkatkan risiko cedera dan peradangan pada sendi.

Cedera lutut ini disebabkan oleh Peradangan, ini disebabkan osteoarthritis. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang dapat membantu mengatasi atau bahkan mencegahnya, yakni dengan makan makanan yang mengandung zat anti-inflamasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya