Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Untuk sebuah usaha, tidak dapat dipungkiri jika kepuasan pelanggan adalah hal terpenting. Karena jika pelanggan puas, tentu ini akan menjadi keuntungan untuk bisnis kita.

Pelanggan yang merasa puas dengan usaha kita pasti akan kembali lagi di lain waktu. Dengan memiliki pelanggan tetap, artinya bisnis yang dijalankan dapat terus berlangsung.

Cara Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Cara Membuat Pelanggan Puas dan Tetap Loyal

Apabila Anda berhasil memuaskan hati konsumen Anda, maka kemungkinan besar konsumen tersebut akan datang terus.

Tapi jika konsumen Anad tidak puas, maka mereka akan kapok dan pergi ke tempat lain. Berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan agar pelanggan Anda puas.

1. Memberi perhatian khusus

Banyak pelaku usaha yang hanya menawarkan produk atau jasanya kepada para pelanggan tanpa memperhatikan keinginan pelanggan.

Jika Anda ingin pelanggan Anda puas dan tidak jatuh ke tangan kompetitor Anda, maka sebaiknya perhatikan apa yang menjadi keinginan mereka.

Tidak masalah memberikan perhatian khusus untuk konsumen Anda misalnya dengan menanyakan bagaimana kabar pelanggan. Anda bisa beri perhatian khusus ini sebelum atau sesudah bertransaksi.

2. Ciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan

Anda sebagai produsen jangan terlalu mementingkan keuntungan sendiri. Karena saat ini pelanggan sudah semakin cerdas dalam memilih produk yang akan dibeli.

Jadi Anda bisa ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda juga harus membuat simbiosis mutualisme dengan pelanggan jadi Anda dan pelanggan akan selalu merasa saling membutuhkan.

3. Follow Up setelah penjualan

Anda bisa mencatat siapa saja pelanggan yang datang kembali ke tempat Anda. Lakukan follow up untuk pelanggan tersebut.

Jadi jangan hanya berpikir mencari pelanggan baru jika pelanggan yang lama sudah loyal dengan usaha Anda.

4. Berikan program menarik untuk pelanggan Anda

Bisa dilihat jika sekarang ini pusat perbelanjaan menawarkan program menarik misalnya kartu anggota dan lain-lain. Anda bisa coba ikuti cara ini dengan menawarkan member Anda kartu keanggotaan.

Jika ada pelanggan yang menggunakan kartu tersebut, usahakan untuk memberikan diskon atau bonus tertentu. Cara ini cukup efektif agar menjaga loyalitas konsumen agar datang kembali nanti.

5. Memberikan keuntungan untuk para pelanggan yang setia

Tidak hanya memberikan penawaran saja, Anda juga perlu membuat program lain yang menguntungkan tidak hanya untuk Anda sebagai produsen tapi juga untuk pelanggan Anda.

Contohnya, Anda bisa buka peluang reseller untuk para pelanggan yang sudah setia dengan Anda. Cara ini tidak hanya menguntungkan Anda saja tapi juga pelanggan Anda.

6. Optimalkan kualitas produk

Dan terakhir, Anda juga harus senantiasa mengoptimalkan produk atau jasa Anda agar para pelanggan yang datang selalu puas dengan produk Anda.

Tidak ada salahnya tanyakan ke pelanggan Anda mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Beberapa cara di atas penting untuk Anda yang ingin mempertahankan loyalitas pelanggan. Jika Anda punya metode lain juga bisa diterapkan.

Karena setiap pebisnis tentu punya cara masing-masing dalam memuaskan dan mempertahankan pelanggannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Download Apk