Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Baterai memang menjadi salah satu indikator penting yang harus diperhatikan pada saat membeli sebuah produk smartphone.

Jika melihat tingkat penggunaan smartphone kini, maka sudah tentu baterai yang dipilih harus memiliki kapasitas besar, misalnya 3000 mAh.

Namun terkadang tanpa kita sadari, baterai pada smartphone cepat sekali habis padahal baru saja diisi ulang beberapa jam. Lantas bagaimana cara menghematnya?

Cara Menghemat Baterai Smartphone

4 Cara Sederhana yang Membuat Baterai Smartphone Hemat

Idealnya semakin besar konsumsi atau pemakaian yang dilakukan, maka akan semakin cepat pula cadangan baterai terkikis.

Alhasil tidak jarang kita harus melakukan pengisian ulang berulang kali agar smartphone dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang dapat membuat baterai menjadi lebih hemat.

1. Jalankan Aplikasi Seperlunya

Cara pertama yang dapat Anda coba menjalankan aplikasi seperlunya. Maksudnya Anda harus dapat mengontrol pemakaian smartphone itu sendiri.

Agar baterai dapat bertahan lama, maka cukup gunakan aplikasi seperlunya. Jangan terlalu menjalankan aplikasi tersebut, sebab semakin lama akan semakin cepat baterai habis.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Di antara penyebab baterai smartphone cepat habis adalah adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda keluar dari aplikasi dengan cara meneka tombol home tanpa menon-aktifkan aplikasi tersebut.

Jika demikian, maka tidak heran baterai akan cepat habis, sebab masih ada aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karenanya, matikan aplikasi yang sedang berjalan tersebut dengan benar untuk menghemat baterai Anda.

3. Jangan Gunakan Aplikasi yang Over Kapasitas

Cara berikutnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi yang over kapasitas. Biasanya aplikasi yang demikian memiliki spesifikasi cukup tinggi sementara smartphone tidak dapat mensupportnya.

Alhasil ketika menjalankan aplikasi tersebut, smartphone akan cepat panas dan baterai pun lebih cepat untuk terkikis.

4. Jangan Bermain Smartphone yang Sedang Dicharge

Cara sederhana yang keempat adalah jangan bermain atau menggunakan smartphone yang sedang dicharge. Hal demikian merupakan salah satu perilaku buruk yang cukup sering kita lakukan.

Sebaiknya hal ini tidak diteruskan sebab akan beresiko terhadap cadangan baterai smartphone. Selain itu, hal demikian juga akan membuat kualitas dari baterai akan cepat menurun.

Bagaimana cukup sederhana bukan cara untuk menghemat baterai smartphone? Walaupun sederhana, namun cara di atas tadi dapat membantu Anda untuk memiliki smartphone dengan baterai yang lebih awet.

Smartphone memang menjadi benda yang cukup dibutuhkan saat ini. Terlebih dengan kemajuan industri digital dan peningkatan arus komunikasi.

Namun itu semua harus disikapi dengan bijak. Penggunaan smartphone harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian, seperti smartphone dengan baterai yang cepat habis.

Demikianlah, semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya