Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Dampak yang Terjadi Akibat Pandemi Virus Corona

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam menangani kasus pandemi corona. Mulai dari pembatasan sosial, sosialisasi bahayanya virus corona, hingga memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Bahkan di sejumlah negara, penanganan penyebaran virus telah dilakukan melalui upaya lockdown. Hal ini dilakukan mengingat dampak yang begitu besar dari pandemi tersebut. Lalu apa sebenarnya dampak dari pandemi virus corona ini? Berikut penjelasannya.

Dampak yang Terjadi Akibat Pandemi Virus Corona

4 Dampak Utama yang Disebabkan Virus Corona

Hingga hari ini pandemi virus corona masih terjadi di berbagai belahan penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tentunya hal ini menimbulkan kesedihan di semua pihak, sebab telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa dampak dari pandemi virus corona.

1. Dampak Bagi Pendidikan

Pandemi Virus Corona sangat dirasakan di bidang pendidikan, baik sekolah tingkatan sekolah dasar hingga tingkat perkuliahan. Proses belajar mengajar dilakukan di rumah saja dengan bersifat daring sehingga pembelajaran lebih banyak dilakukan sendiri. Tugas sekolah menumpuk hingga ujian nasional pun ditiadakan untuk tahun ini. Dampak tersebut benar-benar terasa sekali di bidang pendidikan sebab kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung menjadi lumpuh.

2. Dampak bagi Petani

Wabah virus Corona juga sangat dirasakan bagi para petani yang ada di setiap titik desa Indonesia. Indonesia merupakan negara Agraris yang kaya akan hasil panen para petani dan kini para petani sedang berduka. Hasil panen yang didapatkan tidak dapat terjual dengan harga yang sesuai bahkan ada beberapa hasil panen tidak laku dijual. Hal itu disebabkan adanya kebijakan PSBB bahkan lockdown untuk menghindari penularan virus tersebut.

3. Dampak bagi Karyawan swasta

Dampak lain juga dirasakan oleh para karyawan perusahaan swasta, karena pendapatan perusahaan menurun sehingga tidak mampu untuk menggaji semua karyawannya. Akibatnya banyak sekali karyawan yang harus kehilangan pekerjaan. Bahkan PHK tersebut dilakukan secara massal sehingga menyebabkan para karyawan kehilangan mata pencaharian mereka.

4. Dampak bagi Guru private

Tenaga pendidik seperti guru private juga merasakan dampak wabah virus Corona. Bagaimana tidak, sekolah diliburkan dan semua pelajar belajar dari rumah saja, kemudian pemerintah pun mengeluarkan kebijakan social distancing yang mengakibatkan guru private tidak dapat mengajar ke rumah siswanya. Oleh sebab itu mata pencaharian mereka pun terhenti pada akhirnya.

Belum ada kepastian kapan berakhir wabah ini, sehingga kita semua harus tetap mengikuti aturan pemerintah yaitu di rumah saja sampai keadaan benar-benar membaik. Oleh sebab itu, saat ini hal yang bisa kita lakukan adalah tetap menjaga kesehatan tubuh dan mengikuti segala aturan pemerintah.

Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan bersama, pandemi virus covid-19 ini dapat segera berakhir dan kita semua dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya