Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Hindari 4 Kebiasaan Tak Sehat saat Buka dan Sahur selama Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat dinantikan bagi seluruh muslim di dunia. Tentunya, tak hanya membutuhkan kesiapan hati dan keimanan saja supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Kesehatan fisik pun harus tetap dijaga. Namun demikian, banyak orang memiliki kebiasaan tak sehat ketika berpuasa baik saat berbuka ataupun sahur. Kebiasaan tidak sehat tersebut tidak hanya bisa mengganggu kesehatan tetapi juga bisa menghambat kelancaran dalam beribadah puasa.

Hindari 4 Kebiasaan Tak Sehat saat Buka dan Sahur selama Ramadhan

Kebiasaan Tidak Sehat saat Berpuasa yang Harus Dihindari

Tak sedikit orang yang berpuasa tanpa mereka sadari melakukan sejumlah kebiasaan yang sebenarnya tidak sehat. Kebiasaan tersebut tak hanya bisa berdampak pada kelancaran dalam beribadah tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan. Lantas, apa saja kebiasaan tidak sehat yang seringkali dilakukan saat buka dan sahur selama Ramadhan?

1. Minum Terlalu Banyak saat Sahur

Banyak orang memilih minum terlalu banyak air saat sahur dengan harapan bisa memenuhi supply cairan nanti ketika berpuasa. Padahal, minum terlalu banyak saat sahur justru memicu seseorang jadi sering buang air kecil. perlu diketahui, jam setelah sahur merupakan jam alami bagi tubuh untuk mengeluarkan kotoran sehingga ketika Anda terlalu banyak minum air maka ini bisa membuat Anda semakin sering buang air kecil. Hal ini bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Inilah mengapa pastikan Anda bisa mengatur jadwal yang tepat untuk minum air mulai dari buka hingga waktu sahur guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh seharian. Bukan dengan minum terlalu banyak air ketika sahur.

2. Konsumsi Banyak Garam

Garam memang bisa memberikan rasa yang lebih nikmat saat makan. Namun, Anda sebaiknya juga tidak membiasakan mengkonsumsi makanan tinggi garam saat menjalani puasa. Makanan tinggi garam yang dikonsumsi ketika sahur bisa memicu rasa hasu ketika berpuasa. Selain itu, garam yang berlebihan juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

Kebiasaan ini biasanya sering dilakukan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan manis memang penting dilakukan saat berbuka karena berguna untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa seharian. Namun, tentu tak boleh berlebihan. Asupan gula dalam jumlah besar secara tiba-tiba justru akan membuat mengantuk. Apalagi bila Anda memiliki riwayat diabetes, pastikan memperhatikan takaran konsumsi gula supaya diabetes Anda tidak kambuh.

4. Berolahraga setelah Berbuka Puasa

Melakukan olahraga memang dibutuhkan guna menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Ketika sedang berpuasa, biasanya jam olahraga pun mengalami perubahan. Banyak orang memilih berolahraga setelah berpuasa. Padahal ini merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang sebaiknya dihindari.

Bila Anda memang ingin berolahraga setelah berbuka, pastikan Anda melakukannya setidaknya dua jam setelah berbuka. Adanya jeda waktu dengan jadwal berbuka ini bisa memberi waktu tubuh untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi ketika buka puasa sehingga perut pun terasa nyaman saat Anda berolahraga.

Saat menjalani puasa, pastinya ada beberapa kebiasaan yang berubah dari hari-hari biasanya. Namun demikian, pastikan Anda menghindari beberapa kebiasaan tidak sehat saat sahur ataupun buka puasa seperti yang diuraikan di atas supaya Anda bisa beribadah dengan lancar dan kesehatan Anda pun tak terganggu selama menjalani ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *