Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Ibadah di Bulan Suci yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Sebagai upaya pencegahan COVID-19 menyebar lebih luas di Indonesia, maka pemerintah bersama MUI sepakat meniadakan shalat tarawih dan shalat ied di masjid ataupun lapangan. Selain dihimbau untuk menunaikan ibadah dari rumah, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan pencegahan lain seperti sering mencuci tangan, tidak keluar rumah, dan juga selalu menerapkan pola hidup sehat.

Ibadah di Bulan Suci yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Ibadah yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Sekalipun tidak memungkinkan untuk menjalankan shalat Jumat, tarawih, sampai tadarus di masjid seperti Ramadhan tahun sebelumnya. Namun umat muslim bisa menunaikannya di rumah, shalat bisa dilakukan berjamaah dengan keluarga inti. Sehingga bisa meminimalisir resiko penularan COVID-19.

Adapun bentuk kegiatan ibadah yang bisa dijalankan di rumah sangatlah banyak sehingga meskipun berdiam di rumah umat muslim tetap bisa panen pahala.Berikut adalah beberapa kegiatan ibadah yang bisa dilakukan di rumah sendiri:

1. Shalat Berjamaah

Kegiatan ibadah pertama yang bisa dilakukan dengan aman di rumah selama pandemi COVID-19 ini adalah shalat berjamaah. Sehingga bisa tetap mendapatkan 27 pahala sekalipun tidak shalat ke masjid atau mushola. Ajak anak, bapak, ibu, sampai paman dan bibi sekeluarga untuk shalat berjamaah di rumah.

2. Mengaji Bersama Keluarga

Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan memperbanyak membaca Al-Quran. Berhubung tahun ini Ramadhan lebih banyak dinikmati di dalam rumah karena pandemi. Maka akan lebih baik jika mengaji Al-Quran bersama dengan keluarga, baik dengan pasangan, anak, maupun paman dan bibi.

3. Mengajarkan Anak Tentang Baca Tulis Al-Quran

Bagi Anda yang masih memiliki anak kecil dan belum diajarkan atau masih dalam tahap belajar membaca dan menulis Al-Quran. Maka di momen lebaran bersama serangan pandemi seperti sekarang bisa dimanfaatkan untuk mengajari buah hati baca tulis Al-Quran tersebut.

4. Memperbanyak Bacaan Doa

MUI juga menghimbau masyarakat selama Ramadhan di tengah pandemi untuk memperbanyak amalan doa. Salah satunya adalah membaca doa Qunut Nazilah selepas shalat fardu. Doa qunut ini merupakan salah satu amalan untuk meminta perlindungan dan keselamatan sekaligus kesehatan kepada Allah SWT.

5. Melakukan Shalat Ghaib

Ibadah lain yang bisa dikerjakan di rumah selama pandemi adalah menjalankan shalat ghaib. Shalat ini ditujukan bagi pejuang COVID-19 yang telah meninggal agar semua amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Selain itu juga menjadi upaya untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala marabahaya selama pandemi.

Selama pandemi semua kegiatan ibadah dihimbau pemerintah dan MUI untuk dilakukan di rumah. Sekalipun masjid dan mushola menjadi sepi, namun masing-masing umat muslim bisa memindahkan masjid dan mushola tersebut di rumah. Sehingga bisa tetap panen pahala berlimpah selama bulan suci, dan tentunya mendapatkan pahala karena bisa membahayakan orang lain dengan membentuk kerumunan yang bisa memperluas infeksi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Free Download Apk Wijaya Komunika Payment