Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Jangan Takut Pensiun Dini, Ini Tips Untuk Anda

Hal yang ditakutkan dari pensiun dini adalah tak akan memperoleh penghasilan apa pun nantinya.

Bila pegawai negeri, mereka masih akan menerima gaji pensiun setiap bulan. Namun untuk pegawai swasta biasanya mereka hanya menerima pesangon dari perusahaan.

Untuk menghadapi masa tua, orang-orang yang bekerja di swasta sebaiknya memiliki perencanaan yang baik seperti membuat strategi investasi.

Jangan Takut Pensiun Dini, Ini Tips Untuk Anda

Strategi Saat Pensiun Dini

Jangan khawatir, sebenarnya pensiun dini bisa dilakukan apabila Anda memiliki perencanaan yang matang. Yuk, simak tips berikut ini:

1. Memasang target

Jika saat ini Anda berusia 30 tahun dan ingin pensiun di usia 40 tahun, berarti ada waktu selama 10 tahun dalam mempersiapkannya.

Dalam rentan waktu 10 tahun itu, cobalah untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk pensiun dini dan tetap menjalankan rutinitas seperti biasa. Buatlah target dalam hidup dan buatlah perencanaan yang matang.

2. Menghitung biaya hidup milik Anda saat ini

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung biaya hidup Anda saat ini. Contoh: Biaya hidup Anda per bulan Rp 5 juta.

Apabila terjadi inflasi, maka kebutuhan itu akan ditambah dengan nilai 6% sehingga biaya hidup Anda setiap bulannya adalah Rp 5,3 juta.

Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan Anda. Cobalah untuk mengurangi pembiayaan yang dinilai tidak terlalu penting. Fokuskan uang Anda untuk kebutuhan yang primer.

3. Menghitung total utang milik Anda

Setelah menghitung biaya hidup , hitunglah total utang yang Anda miliki untuk menghadapi pensiun dini, sebab Anda akan membayar utang tanpa adanya pemasukan . Buatlah target untuk melunasi utang jika ada.

Namun lebih baik lagi jika Anda melunasi utang sebelum masa pensiun, sehingga ketika masa pensiun datang, Anda sudah terbebas dari utang baik itu KPR maupun KTA atau kredit kendaraan bermotor.

4. Mengelola pesangon dengan baik

Ketika akan pensiun, biasanya Anda yang bekerja di perusahaan swasta akan memperoleh pesangon yang hanya diberikan satu kali.

Awas, hati-hati! Jangan terlena dengan banyaknya uang pesangon. Gunakanlah uang tersebut secara bijak.

Sebaiknya alokasikan dana pesangon ini dengan tepat seperti 30% digunakan untuk melunasi sisa hutang, 50% untuk tabungan dan 20% lagi untuk dana investasi.

Mulailah pikirkan strategi investasi apa yang Anda inginkan sehingga uang yang Anda miliki bisa bertambah nilainya dan bisa digunakan untuk menghadapi masa tua nanti.

Investasi bisa Anda jadikan sebagai cara menyelamatkan keuangan Anda di masa depan, walaupun itu direncanakan atau hanya untuk jaga-jaga.

Setelah membaca ulasan di atas, diharapkan pensiun dini bukan lagi masalah bagi Anda. Semoga tips di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya