Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Jenis Olahraga yang Bikin Sehat saat Puasa

Banyak orang seringkali berpikir apakah mungkin berolahraga ketika sedang berpuasa. Namun, Anda perlu tahu bahwa olahraga saat puasa ternyata memberikan dampak baik pada kesehatan tubuh. Bahkan, aktivitas ini sangat dianjurkan. Tentu saja, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan seperti jenis olahraga apa yang bisa dilakukan dan kapan waktu terbaik untuk berolahraga ketika berpuasa.

Jenis Olahraga yang Bikin Sehat saat Puasa

Olahraga Menyehatkan saat Puasa

Berpuasa tidak menghalangi seseorang untuk tetap melanjutkan kebiasaan berolahraga. Hanya saja juga perlu dipahami kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa adalah satu jam sebelum sahur ataupun setelah buka puasa. Bila Anda ingin berolahraga setelah buka puasa, pastikan Anda memberi jeda waktu dari waktu berbuka sehingga makanan bisa dicerna dalam perut dengan baik. Pilihan lainnya, Anda tidak mengkonsumsi makanan berat saat buka puasa dan baru makan berat setelah berolahraga.

Lantas, jenis olahraga apa saja yang bisa bikin tubuh sehat saat puasa?

Ketika berpuasa, Anda sebaiknya memilih jenis olahraga ringan dan berintensitas rendah sehingga bisa mencegah dari rasa lesu akibat berolahraga.

1. Jalan Kaki

Ini merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak direkomendasikan ketika sedang berpuasa. Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menstabilkan tubuh, mengurangi lemak tubuh, menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, memperkuat tulang, serta meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot. Melakukan olahraga ini juga bisa di dalam rumah saja baik dengan berkeliling rumah ataupun hanya dengan jalan kaki di tempat saja.

2. Yoga

Opsi olahraga lain yang bisa bikin tubuh sehat saat puasa adalah yoga. Anda sebaiknya memilih yoga dengan intensitas rendah seperti Tadasana ataupun Sukhsana. Melakukan yoga sendiri di rumah pun tidak sulit dilakukan karena Anda bisa menemukan banyak video pelatihan yoga di internet. Anda hanya perlu mengikuti panduan dari instruktur yoga.

3. Bersepeda

Merasa jenuh di rumah saja? Anda bisa memilih bersepeda untuk berolahraga saat puasa. Ini bisa jadi pilihan mengasyikkan karena Anda bisa melakukannya sambil ngabuburit jelang buka puasa. Tak perlu jauh-jauh. Anda bisa bersepeda sekitar 30 menit.

4. Naik Turun Tangga

Jangan salah, kegiatan naik dan turun tangga ini bisa jadi pilihan olahraga yang bisa membuat tubuh sehat saat puasa. Beberapa manfaat olahraga ringan ini seperti membakar kalori, meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan menambah kekuatan tubuh. Jadi, tak ada salahnya Anda melakukan olahraga ini saat puasa.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Puasa bukanlah halangan untuk tetap melakukan olahraga, bahkan aktivitas ini sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan. Namun, pastikan Anda memilih jenis olahraga dan waktu terbaik untuk melakukannya sehingga memberikan manfaat yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *