Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Kelebihan dan Kelemahan Kebijakan PSBB Secara Umum

Sebagai bentuk upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, pemerintah di Indonesia memutuskan untuk melakukan PSBB di sejumlah daerah. PSBB akan memberikan batasan lebih ketat terhadap kegiatan masyarakat di daerah yang memberlakukannya. Kebijakan ini dirasa sangat efektif memutus rantai COVID-19 di masa sekarang.

Kelebihan dan Kelemahan Kebijakan PSBB Secara Umum

Kelebihan dan Kelemahan dari Kebijakan PSBB

Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB sudah mulai diterapkan di 11 daerah di Indonesia. Penerapan kebijakan ini diharapkan mampu memberi kabar baik terkait pandemi corona di Tanah Air. Kebijakan PSBB ini dirasa sangat efektif untuk kondisi seperti sekarang, dan memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

1. Membatasi Ruang Gerak Masyarakat

PSBB memberi batasan lebih ketat dibanding kebijakan physical distancing yang diberlakukan sebelumnya. Sebab melalui PSBB ini maka ruang gerak masyarakat semakin terbatas, baik di dalam daerah maupun saat keluar daerah. Pembatasan ruang gerak secara massal ini akan lebih efektif menghapus rantai penyebaran corona.

PSBB membuat masyarakat hanya bisa beraktivitas di luar rumah dalam tempo beberapa jam saja. Waktu bersosialisasi yang semakin singkat memperpendek kemungkinan COVID-19 untuk menginfeksi lebih banyak orang sehat. Sehingga bisa dikatakan sebagai kebijakan yang cukup efektif saat ini.

2. Mencegah Kerumunan

Himbauan bagi masyarakat untuk tidak menciptakan kerumunan terus dilakukan sampai sekarang. Himbauan ini menjadi efektif dan semakin dipatuhi lewat kebijakan PSBB. Sebab hanya ada waktu terbatas untuk bisa bersosialisasi dan menekan kemungkinan masyarakat membentuk kerumunan.

Saat ini PSBB menjadi solusi yang paling rasional untuk diterapkan di sejumlah daerah. Sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yang terbilang masif. PSBB akan memberi batasan kegiatan bersosialisasi yang kemudian menekan resiki penularan dari satu orang ke orang lainnya. Namun, PSBB bukanlah kebijakan tanpa kelemahan dan dampak merugikan.

Dilihat dari segi dampak yang merugikan, kebijakan PSBB ini memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut;

  • Mematikan perekonomian khususnya untuk UMKM dan jasa transportasi yang tak pelak kehilangan pasar lebih banyak dari kebijakan sebelumnya (physical distancing).
  • Rentan terjadi pelanggaran karena kebebasan masyarakat semakin terbatas dan tidak sedikit yang kemudian berontak, khususnya jika melibatkan masalah keuangan yang semakin sulit.

PSBB secara praktis akan memangkas ruang gerak masyarakat, yang kemudian berimbas sekali terhadap perekonomian. Dihimbau bagi masyarakat untuk saling membantu dan menguatkan dalam kondisi sekarang ini. Kebijakan PSBB terbilang efektif dan perlu didukung, sudah banyak yang memberikan dukungan maksimal.

Ketika diterapkan tidak sedikit orang dan lembaga yang kemudian saling memberi bantuan, seperti membagikan sembako sampai membagikan masker secara gratis. Semakin banyak yang menyikapi kebijakan ini dengan positif, maka semakin mudah untuk mencapai tujuan pemberlakuannya. Yakni memutus langsung rantai penyebaran COVID-19 yang kemudian menghentikan pandemi ini di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya