Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Kenalkan Anak Cara Pengelolaan Uang yang Benar

Mengelola uang dengan benar merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Sebab jika dikelola dengan benar, maka kita pun akan dapat menggunakannya untuk jangan waktu yang panjang. Pengelolaan uang ini pun juga dapat mulai dikenalkan kepada anak sejak dini.

Sehingga dengan begitu mereka akan terbiasa menggunakan uang secara efektif hingga ke usia dewasanya nanti. Lalu bagaimana cara mengenal pengelolaan uang dengan benar kepada anak? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kenalkan Anak Cara Pengelolaan Uang yang Benar

4 Cara Mengenalkan Pengelolaan Uang yang Benar Kepada Buah Hati

Membiasakan suatu hal yang baik kepada anak, merupakan hal yang bijak untuk dilakukan oleh orang tua. Termasuk untuk membiasakan anak untuk mengelola uang dengan baik dan benar. Agar anak terbiasa, maka sudah pasti harus mengenalkannya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang dapat orang tua coba untuk mengenalkan pengelolaan uang yang benar kepada anak.

1. Ajari Anak untuk Senantiasa Bersyukur

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah orang tua dapat mengajari buah hatinya untuk senantiasa bersyukur. Ajarilah kepada agar selalu bersyukur atas segala sesuatu yang dimiliki saat ini, sebab belum tentu orang lain di luar sana memiliki kondisi seberuntung dia. Cara ini juga akan membantu anak untuk tidak menghambur-hamburkan uangnya.

2. Orang Tua dapat Menggunakan Sistem Penjatahan

Cara kedua, orang tua dapat menggunakan sistem penjatahan kepada anak dalam setiap uang jajan yang dimiliki. Penjatahan uang jajan ini dimaksudkan agar anak dapat berlatih mengontrol hawa nafsu belanja mereka.

Anak akan berpikir dua kali jika ingin menggunakan uangnya untuk membeli sesuatu, sebab jika tidak uang yang dimiliki akan habis sebelum waktunya. Selain berhemat, cara ini pun akan melatih anak dalam mengambil keputusan.

3. Kenalkan dengan Tabungan

Cara ketiga yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengenalkan anak dengan tabungan. Kenalilah kepada anak tentang pentingnya memiliki uang tabungan. Orang tua dapat memulai hal ini dengan memberikan celengan kepada buah hatinya.

Biasakanlah agar anak dapat menyisihkan uang jajan mereka untuk ditabung dalam celengan tersebut. Harapannya melalui cara ini mereka akan terbiasa untuk berpikir ke depan dengan mempersiapkan kas yang dimilikinya.

4. Sesekali Ajarkan Kepada Anak Bahwa Uang Tidak Didapat Secara Cuma-Cuma

Cara keempat, orang tua juga penting untuk mengedukasi buah hatinya bahwa uang tidak dapat diperoleh dengan cuma-cuma. Melainkan harus ada usaha dan perjuangan yang harus dilakukan. Misalnya, orang tua dapat memberikan uang jajan ketika anak telah menuntaskan sesuatu, seperti mengerjakan PR, membantu orang tua dan hal positif lainnya.

Paling tidak melalui 4 cara tadi kita dapat membiasakan anak untuk mengelola uang yang dimilikinya secara benar. Ingat kata pepatah, saya bisa karena terbiasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now