Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Kiat Imunisasi Anak Selama Pandemi

Mewabahnya virus corona yang diketahui angka kasusnya masih terus meningkat pastinya memberikan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Apalagi bagi yang memiliki anak di bawah 2 tahun dan masih memiliki jadwal imunisasi.

Tak sedikit orang tua merasa khawatir bila harus membawa si kecil ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin imunisasi. Namun, mereka juga tak ingin anaknya terlewat jadwal imunisasinya. Adakah kiat-kiat yang perlu diperhatikan ketika harus mengimunisasikan anak di masa pandemi seperti sekarang ini?

Kiat Imunisasi Anak Selama Pandemi

Kiat Imunisasi Anak saat Pandemi

Haruskan tetap imunisasi anak di masa pandemi? Pihak IDAI memberikan sejumlah penjelasan terkait pemberian imunisasi pada anak ketika masa pandemi.

Perlu diketahui bahwa imunisasi harus tetap diupayakan lengkap sesuai usia sehingga panduan jadwal imunisasi hendaknya tetap diikuti sesuai rekomendasi yang berlaku.

Bagaimanapun tujuan pemberian imunisasi pada anak adalah untuk memberikan perlindungan guna mencegah sejumlah penyakit berbahaya. Selain itu, bagi orang tua yang anaknya ada jadwal imunisasi di masa pandemi sebaiknya juga memperhatikan beberapa hal.

1. Perhatikan Kondisi Kesehatan Anak

Meski imunisasi merupakan hal penting bagi kesehatan terutama untuk membantu pembentukan kekebalan tubuh anak terhadap sejumlah penyakit berbahaya, orang tua hendaknya juga tidak sembarangan saat ingin memberikan imunisasi pada anak.

Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi fisik buah hati apakah dalam kondisi prima atau sedang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batuk, atau lainnya. pastikan anak tidak sedang demam ataupun batuk saat ingin mengajak buah hati imunisasi di masa pandemi.

2. Pastikan Ketersediaan Vaksin

Hal lain yang juga penting diperhatikan ketika ingin mengajak si kecil imunisasi di masa pandemi adalah pastikan ketersediaan vaksin. Ketika Anda ingin membuat janji dengan dokter anak, rumah sakit, klinik, ataupun fasilitas kesehatan lain untuk memberikan imunisasi anak, maka Anda sebaiknya tak lupa untuk memastikan bagaimana ketersediaan vaksin yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak di sana.

Hal ini penting supaya anak tak perlu berlama-lama berada di fasilitas kesehatan. Jadi, ketika Anda datang bersama anak sesuai jadwal maka proses pemberian imunisasi bisa segera dilakukan.

3. Batasi Jumlah Pengantar

Biasanya saat si kecil anak diimunisasi maka ada banyak yang mengantarkan, apalagi bila ia merupakan anak dan cucu pertama. Di masa pandemi maka sebaiknya Anda membatasi jumlah pengantar supaya meminimalisir penyebaran virus corona.

4. Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan

Berada di fasilitas kesehatan tentu lebih riskan terhadap penularan sejumlah penyakit, termasuk corona. Bagaimanapun di fasilitas kesehatan tersebut tak hanya melayani imunisasi bagi anak-anak saja melainkan juga sejumlah pasien sakit. Inilah mengapa tetap perhatikan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, jaga arak, serta cuci tangan.

Adanya pandemi corona bukanlah alasan untuk menunda memberikan imunisasi bagi si kecil. Namun demikian, bagi orang tua yang anaknya memiliki jadwal imunisasi sebaiknya tetap memperhatikan beberapa hal ketika ingin memberikan imunisasi anaknya di masa pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now