Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Memahami Pengertian Content Marketing dan Bentuk-Bentuknya

Di tengah kalangan pelaku marketing online tentunya setuju dengan istilah “content is king” atau konten di dalam marketing online adalah segalanya. Bagi beberapa orang istilah ini kemudian menciptakan sebuah pertanyaan.

Mengapa konten marketing bisa disebut raja? Mengapa konten marketing berdampak besar pada pemasaran online? Menjawabnya bisa mengenai konten marketing lebih dalam di bawah ini.

Memahami Pengertian Content Marketing dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian Content Marketing

Menurut Content Marketing Institute dijelaskan bahwa konten marketing merupakan teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan pendistribusian konten.

Konten yang dibuat harus memenuhi unsur relevan, penting, dan juga konsisten. Sehingga konten-konten ini bisa menarik minat siapa saja yang melihat iklan untuk melakukan kunjungan ke website maupun profil jika beriklan di media sosial.

Konten penting untuk dibuat relevan dengan bisnis, misalnya menjual produk obat maka konten haruslah mengangkat masalah kesehatan. Baik membahas penyakit, solusi perawatan, pengobatan, gejala, komplikasi, dan lain sebagainya. Selain itu harus konsisten, konten disajikan secara rutin dan setiap harinya menghadirkan konten berbeda agar variatif dan kaya manfaat bagi pembacanya.

Bentuk dari Content Marketing

Menariknya lagi, konten marketing ternyata memiliki berbagai bentuk yang bisa dipilih sesuai media marketing online yang digunakan. Adapun bentuk-bentuk konten marketing ini adalah:

1. Ebook

Ebook ternyata masuk ke dalam jenis atau bentuk dari konten marketing, dan hadir dalam bentuk lebih panjang dibanding artikel di blog. Jadi untuk Anda yang memiliki materi konten promosi yang panjang dan detail. Akan sangat tepat jika menggunakan ebook, dan kemudian dibagikan secara gratis maupun berbayar kepada target market.

2. Blog

Blog disebut-sebut sebagai bentuk konten marketing yang paling fundamental, sehingga wajib ada. Sebab seorang pengusaha bisa mengedukasi masyarakat, memperkenalkan produk, membagikan tips relevan, dan sebagainya disini. Semakin disiplin dalam memproduksi konten di blog maka efeknya semakin baik, sebab ada kemungkinan akan direkomendasikan oleh Google secara gratis dan alami.

3. Email

Email juga masuk ke dalam kategori konten marketing, sebab email yang dirancang untuk kebutuhan promosi ternyata bekerja efektif. Bahkan lebih efektif beberapa kali dibanding promosi lewat media sosial populer. Email marketing sendiri bentuknya macam-macam seperti newsletter, ebook, promosi, pengingat shopping cart, dan lain sebagainya.

4. Video

Membuat konten berupa video di blog adalah langkah tepat, karena bisa membuat pengunjung website berdiam lebih lama. Sebab menyaksikan video tersebut dari awal sampai akhir yang berdampak positif bagi konversi kunjungan.

5. Sosial Media

Konten juga disajikan dalam bentuk sosial media, yakni segala informasi yang dipost di akun sosial media perusahaan. Selain itu juga bisa diiklankan, terutama di sosial media yang menyediakan fasilitas iklan berbayar.

Setelah memahami konten marketing, maka bisa langsung membuatnya untuk melancarkan kegiatan promosi online. Pastikan dibuat dengan benar dan semenarik mungkin sesuai unsur utama yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now