Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Mengenal Arti Seed Funding Lebih Detail

Bagi Anda yang memiliki keinginan atau rencana untuk merintis startup, maka penting untuk mempersiapkan modal dana. Dana untuk mendirikan bisnis satu ini memang fleksibel, tergantung dari skala bisnis yang diinginkan.

Jika memang skala besar maka akan membutuhkan modal yang besar pula, begitupun sebaliknya. Sumber dana untuk startup cukup beragam dan salah satunya adalah seed funding.

Mengenal Seed Funding Lebih Detail

Apa Itu Seed Funding?

Apabila masih sangat asing dengan istilah seed funding maka penting untuk mengenalnya lebih dulu. Jadi seed funding sendiri masuk ke dalam sumber pendanaan startup khususnya di tahap awal.

Sumber dari seed funding sendiri dari pihak eksternal yang menyetujui kesepakatan mengucurkan dana pendirian startup.

Bisa pula diartikan secara sederhana bahwa dana seed funding berasal dari investor, yang nantinya memiliki status sebagai pemegang saham.

Seberapa besar saham yang dimiliki tergantung pada seberapa besar dana yang dikucurkan. Hanya saja dana yang diberikan akan dikucurkan di masa awal pendirian startup.

Cara Mendapatkan Seed Funding

Mendapatkan seed funding memberi keuntungan tersendiri, khususnya jika modal dari pihak internal kurang mendukung.

Misalnya saja ketika dana tabungan yang dimiliki masih terbatas dan kurang untuk dipakai merintis startup. Jika ingin mendapatkan seed funding maka bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menyusun Presentasi Sebaik Mungkin

Mendapatkan sumber dana seed funding bisa dimulai dengan menyusun presentasi sebaik mungkin. Pastikan mempresentasikan bisnis startup dengan baik dan detail sekaligus menarik.

2. Menyampaikan Informasi Bisnis Secara Detail

Apa yang Anda presentasikan menyangkut startup yang dirintis sebaiknya detail. Tidak hanya menyebutkan keuntungan dari bisnis ini melakukan juga dari sisi resiko.

Sehingga sumber dana seed funding melakukan pertimbangan sematang mungkin, dan siap dengan berbagai resiko yang mungkin dapat terjadi.

3. Mengikuti Ajang Pameran dan Kompetisi

Apabila bisnis startup sudah dijalankan dalam skala kecil dan ingin lebih dikembangkan. Maka sumber dana seed funding bisa didapatkan dengan mengikuti ajang pameran dan kompetisi.

Ajang semacam ini membuat banyak pemilik dana datang dan mencari bisnis yang potensial untuk diberi suntikan modal.

4. Minta Rekomendasi Teman dan Keluarga

Ada banyak sumber seed funding bisa didapatkan jika memang mencarinya dengan teliti dan maksimal. Silahkan meminta bantuan dari orang terdekat untuk mendapatkan rekomendasi seed funding terbaik.

Sehingga bisa mendapatkan pilihan lebih banyak, dan bisa jadi beberapa diantaranya tertarik untuk menjadi sumber seed funding startup yang ingin dirintis.

Menyiapkan dana startup memang perlu dilakukan jauh-jauh hari, sehingga bisa berjalan dan berkembang sesuai rencana. Merintis bisnis ini tidak selalu menuntut kesiapan dana pribadi.

Sebab Anda bisa mendapatkan sumber dana dari pihak eksternal, dan salah satunya melalui program seed funding. Simak detail penjelasan di atas agar lebih mudah mendapatkan sumber seed funding tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now