Pengertian Dan Contoh Aplikasi Non Tunai - PT. WIJAYA KOMUNIKA PAYMENT

Pengertian Dan Contoh Aplikasi Non Tunai

aplikasi-non-tunai

Aplikasi non tunai merupakan salah satu alat pembayaran non tunai yang dapat dimanfaatkan. Ditengah perkembangan teknologi yang ada, pembayaran non tunai semakin banyak digunakan. Baik untuk berbelanja atau pembayaran tagihan yang ada. Pembayaran non tunai berarti tidak menggunakan uang fisik dalam bertransaksi. Cara ini cukup efektif dan efisien untuk mengurangi peredaran uang palsu yang ada.

Pengertian Aplikasi Non Tunai

Aplikasi non tunai adalah aplikasi pembayaran secara online yang tidak memerlukan uang fisik untuk melakukan berbagai transaksi. Pemerintah pusat atau daerah terus melakukan penggalakan untuk menggunakannya dengan alasan dinilai lebih aman dan efektif. Karena dalam bentuk aplikasi tentunya semua pelayanan akan berjalan menggunakan jaringan internet yang baik. Sehingga pastikan bahwa ponsel kamu memiliki sinyal untuk melakukan transaksi. 

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pembayaran berbagai tagihan, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, bahkan pembayaran dengan menggunakan QRIS. Selain itu penggunaannya juga akan memberikan banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung. Seperti mudah, cepat, dapat dilakukan dimana saja, tidak perlu memikirkan uang kembalian, aman serta terdapat daftar transaksi. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya muncul beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk pembayaran non tunai. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihannya tersendiri. Sehingga kamu harus selektif dalam memilihnya. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu.

Contoh-contoh Aplikasi Non Tunai

Saat ini banyak sekali aplikasi pembayaran non tunai yang bermunculan. Semua memiliki fungsinya masing-masing. Yang pasti semua memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Bahkan kamu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Berikut ini beberapa contoh aplikasi pembayaran non tunai, diantaranya:

1. Aplikasi mobile banking

Aplikasi ini merupakan layanan yang disediakan oleh pihak bank untuk para nasabah agar lebih mudah bertransaksi. Bukan hanya dapat digunakan untuk transfer uang, namun dapat digunakan untuk pembayaran berbagai tagihan bulanan, mengisi dompet digital dan banyak lagi. Kamu harus memiliki akun bank dan mendaftar terlebih dahulu untuk mendapat menikmati pelayanan yang ada.

2. Aplikasi E-wallet

Aplikasi e-wallet atau dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti dompet pada umumnya, yaitu menyimpan uang. Jumlah uang yang dapat disimpan tentunya terbatas. Kebanyakan hanya mencapai angka Rp 20 jt saja, tidak dapat lebih dari itu. Artinya aplikasi ini memang didesain bukan untuk menabung dalam jumlah yang besar, namun memang digunakan untuk pembayaran non tunai. Contoh aplikasinya, seperti OVO, Dana, Link Aja, GoPay dan lain-lain.

3. Aplikasi e-commerce

Aplikasi ini didesain untuk melakukan jual beli secara online, untuk metode pembayarannya juga lebih disarankan online. Walaupun tetap tersedia pilihan COD atau bayar ditempat. Biasanya aplikasi e-commerce akan menyediakan dompet digital yang dapat digunakan untuk pembayaran produk yang dibeli. Atau metode online lainnya seperti transfer bank, kartu kredit atau sebagainya. Dengan begitu transaksi non tunai tetap dapat dilakukan. Aplikasi yang cukup populer saat ini yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

4. Aplikasi PPOB

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pembayaran. Mulai dari tagihan bulanan, pembelian pulsa atau paket data, token listrik, isi ulang e-wallet dan e-commerce dan masih banyak lagi. Bahkan kamu dapat mendaftarkan diri sebagai mitra untuk dapat memanfaatkannya mencari tambahan penghasilan.

Itulah beberapa contoh aplikasi non tunai yang saat ini ada ditengah-tengah masyarakat. Cara penggunaannya terbilang sangat mudah dan data juga terjamin aman. Asalkan kamu juga menjaga data pribadi dengan baik, seperti nomor pin atau kode OTP.

Keuntungan Melakukan Pembayaran Non Tunai

Pembayaran non tunai banyak dilakukan bukan hanya mengikuti trend yang ada. Namun juga dikarenakan keuntungan yang dapat kita nikmati secara langsung. Keuntungan inilah yang membuat peminat dari transaksi non tunai semakin banyak. Kita akan membahas beberapa keuntungan melakukan transaksi non tunai, diantaranya:

  • Lebih cepat

Pembayaran non tunai yang berbasis internet hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk menyelesaikan transaksi. Selain itu kamu tidak perlu menunggu uang kembalian seperti ketika menggunakan uang fisik dan kamu menggunakan uang yang lebih besar.

  • Terdapat diskon atau promo

Ketika kamu memilih menggunakan sebuah aplikasi non tunai untuk melakukan pembayaran, banyak diskon atau promo yang dapat dimanfaatkan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan atau potongan harga sehingga lebih menghemat pengeluaran. 

  • Lebih aman

Ketika kita memilih menggunakan uang tunai dalam bertransaksi tentunya akan mengharuskan kita membawa sejumlah uang ke manapun. Hal ini akan menyebabkan kita terus merasa was-was. Kehilangan sejumlah uang bukan hanya karena kelalaian diri sendiri namun dapat disebabkan oleh niatan orang jahat seperti pencuri atau copet. Dengan menggunakan transaksi non tunai kamu dapat menghindari hal seperti ini.

Itulah beberapa keuntungan ketika menggunakan aplikasi non tunai untuk berbagai transaksi. Aplikasi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dan bahkan dapat digunakan untuk mencari tambahan penghasilan adalah Wijaya Komunika (WiPay). Aplikasi ini merupakan sebuah distributor pulsa elektronik dan PPOB murah yang memiliki skala nasional. Produknya sangat lengkap dan juga memiliki harga yang sangat murah.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?