Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Pengertian Search Engine Marketing dan Alasan Menggunakannya

Supaya website mengisi halaman pertama dari Google setelah melakukan pencarian, maka berbagai metode bisa dilakukan. Mulai dari penerapan SEO atau search engine optimize sampai beriklan lewat SEM yakni search engine marketing. SEM merupakan metode beriklan memakai mesin pencarian, misalnya saja dengan Google.

Pengertian Search Engine Marketing dan Alasan Menggunakannya

Pengertian Search Engine Marketing

Secara sederhana search engine marketing adalah upaya promosi online dengan mengiklankan halaman website di hasil pencarian. Iklan satu ini berbayar, sehingga berbeda sekali dengan teknik SEO yang bisa dikerjakan sendiri. Tools untuk melakukan search engine marketing ini adalah Google Ads, yang sudah digunakan oleh jutaan pebisnis online di seluruh dunia.

Selain Google, mesin pencari lain juga menyediakan fasilitas SEM atau search engine marketing tadi. Mulai dari Bing sampai Yahoo, hanya saja sampai detik ini Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Sehingga Google Ads termasuk ke dalam tools promosi online yang populer.

Alasan Menggunakan Search Engine Marketing

Ada banyak orang yang sudah menggunakan teknik search engine marketing dan Anda bisa mengikuti jejak tersebut. Mengapa harus mencoba search engine marketing? Alasannya adalah:

1. Tidak Membutuhkan Biaya Besar

Berbeda dengan teknik promosi online lainnya, search engine marketing tidak memerlukan biaya besar di awal. Sebab bisa dimulai ketika modal beriklan belum ada namun tetap perlu disiapkan karena teknik ini bukan promosi online gratisan. Hanya saja teknik lain umumnya butuh biaya besar sejak awal, misalnya email marketing untuk membuat akun di platform penyedia jasa email marketing.

2. Bisa Menentukan Target Penayangan

Beriklan dengan search engine marketing memungkinkan Anda untuk menyaring siapa saja yang bisa melihat tayangan iklan. Dimulai dari lokasi, sehingga tidak hanya bisa beriklan di Indonesia namun ke mancanegara. Jika ingin dibatasi, maka bisa memilih kota tertentu sehingga hanya dilihat oleh pengguna internet yang berdomisili di kota-kota yang dipilih.

3. Meningkatkan Angka Konversi

Menggunakan teknik search engine marketing akan berpotensi meningkatkan angka konversi. Yakni angka kunjungan website di halaman-halaman tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang dipilih saat mengatur iklan search engine marketing tersebut.

4. Hasil yang Lebih Cepat

Dibandingkan dengan SEO, teknik search engine marketing memang menghadirkan efek yang lebih instan. Sesaat setelah iklan ditayangkan maka efeknya langsung terasa, yakni jumlah pengunjung website meningkat. Semakin tinggi biaya per klik yang diatur semakin mudah masuk halaman pertama hasil pencarian.

Namun pastikan mengatur biaya klik dengan cermat, jangan sampai tayangan dan jumlah klik tinggi namun hasilnya nihil atau rendah. Sehingga rugi, baiknya mencoba lewat biaya rendah dulu dan bertahap dinaikan ketika hasilnya mulai dirasakan.

Beriklan dengan teknik search engine marketing memang menguntungkan karena punya banyak kelebihan. Hanya saja pastikan diatur atau di setting dengan teliti supaya efektif dan anggaran untuk iklan tidak terlalu boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now