Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Pilar-Pilar Penopang Kesuksesan Sebuah Bisnis

Menjadi entrepreneur atau pengusaha saat ini memang menjadi dambaan dan primadona banyak orang. Selain kebebasan finansial yang bisa dimilikinya, menjadi pebisnis saat ini memiliki gengsi yang sangat tinggi.

Sayangnya meski peminatnya sangat besar, namun untuk memulai bisnis banyak orang yang masih mengalami kesulitan dan hambatan.

Pilar-Pilar Penopang Kesuksesan Sebuah Bisnis

Pilar Sukses Untuk Pengusaha

Sebuah bisnis layak berkembang jika bisnis tersebut ditopang dengan pilar-pilar yang kuat. Seperti halnya bangunan, pilar yang kokoh akan menguatkan keseluruhan struktur bangunan.

Begitu pun dengan bisnis. Setiap bisnis yang besar membutuhkan kekokohan pilar bisnis. Berikut ini adalah pilar bisnis yang bila dipraktekkan dengan baik, akan memberi impact positif pada bisnis yang tengah anda jalankan.

1. Alasan

Anda sebagai seorang pebisnis, atau karyawan calon pebisnis harus mempunyai alasan yang kuat untuk terjun ke dunia bisnis.

Alasan yang bisa mendorong anda melakukan hal yang membawa perubahan. Alasan yang membuat seorang karyawan berani resign dan fokus jadi wirausahawan.

Mungkin alasan-alasan sederhana seperti ingin kaya, ingin mempunyai kebebasan finansial, kebebasan mengatur waktu, dan lain-lain adalah alasan yang umum dan bisa diperjuangkan.

Namun, anda bisa lebih termotivasi lagi dengan alasan-alasan lain yang bersifat sosial atau spiritual. Misalnya, ingin memberi manfaat pada lingkungan dengan lapangan kerja.

Atau dengan menjadi pebisnis membuat anda semakin mudah untuk bersedekah dan membantu sesama.

2. Keyakinan

Tanpa keyakinan, bisnis akan mandek dan berhenti di tengah jalan. Keyakinan membuka usaha / bisnis harus dilandasi dengan visi yang jelas.

Visi yang menjadi alasan di pilar pertama tadi. Jika anda Muslim, tanamkan keyakinan kuat bahwa Allah akan senantiasa membantu hambanya dalam keadaan apapun.

Yakinlah bahwa anda bisa menjalankan bisnis anda. Jangan pernah kehilangan keyakinan anda, karena anda akan kuat ketika anda yakin.

3. Punya impian

Impian bukan berarti bermimpi. Impian lebih dari sekedar angan-angan akan sebuah tujuan tapi tanpa effort yang jelas.

Bangunlah Impian, yang akan mengingatkan anda untuk tidak terjebak di Comfort Zone (zona nyaman). Dengan anda punya impian dan visi, anda akan paham kemana anda harus membawa bisnis anda di masa depan.

Sadar tidak sadar, kadangkala kenyamanan yang didapat dari comfort zone (misal saat menjadi karyawan) sering membuat kita malas mencapai target yang lebih tinggi.

4. Istiqomah

istiqomah atau dalam bahasa lain persistent, gigih, teguh, dan tekun dalam melakukan kebaikan. Begitu pun dalam menjalankan bisnis, anda harus punya ketekunan dalam menjalankannya.

Dalam sebuah pepatah “sehari selembar benang, setahun selembar kain”. Artinya saat anda melakukan perbuatan secara terus menerus dan konsisten, anda akan mendapat manfaat besar nantinya.

Selembar benang dalam bisnis anda yang dijalin dan dibina terus-menerus akan menghasilkan selembar kain yang bernama kesuksesan bisnis.

5. Berdoa

Yang terakhir adalah doa. Bukan berarti doa itu belakangan, tapi sepanjang hidup kita tentu kita harus terus berdoa. Sebagai manusia yang beragama, kita membutuhkan campur tangan yang Maha Kuasa dalam berbagai aspek kehidupan.

Nah itulah pilar berbisnis yang bisa anda terapkan dalam usaha anda, semoga dengan membaca ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya