Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Positif – Negatif Memiliki Sikap Ambisius di Dunia Kerja

Dunia kerja memanglah sangat penuh dengan berbagai macam persaingan sehingga orang yang ingin terjun ke dalamnya harus memiliki persiapan, baik secara fisik maupun mental.

Persiapan tersebut harus benar-benar matang agar mampu bersaing. Selain ilmu pendidikan, keahlian serta pengalaman pun harus dimiliki oleh seseorang jika ingin diterima dengan baik. Sehingga wajar saja jika saat ini orang-orang memiliki ambisius pendidikan tinggi demi mendapatkan pekerjaan yang layak. Ambisius dalam dunia kerja memiliki dampak tersendiri, berikut ini penjelasannya.

Positif - Negatif Memiliki Sikap Ambisius di Dunia Kerja

3 Dampak Positif dan Negatif Sikap Ambisius dalam dunia kerja

Secara harfiah sikap ambisius merupakan suatu tekad yang kuat untuk mencapai tujuan ataupun cita-cita tertentu. Jika dikaitkan dengan dunia kerja, maka sikap ambisius ini akan membuat seseorang untuk memiliki semangat yang tinggi dalam mencapai target pekerjaannya. Berikut akan dijelaskan beberapa dampak dari sikap ambisius dalam dunia kerja.

3 Keuntungan Memiliki Sikap Ambisius

Adapun keuntungan jika memiliki sikap ambisius adalah sebagai berikut.

1. Memiliki semangat kerja

Ketika seseorang memiliki ambisi yang tinggi dalam pekerjaannya maka semangat dalam bekerja pun akan menggebu-gebu. Sehingga jika ada pekerjaan yang diberikan, akan segera dikerjakan dan tidak akan menunda-nunda lagi.

2. Memiliki kemauan tinggi

Ambisi yang tinggi dapat memupuk sikap kemauan yang tinggi dalam bekerja. Memiliki sikap kemauan yang tinggi menjadikan seseorang tidak pernah merasa malas dalam bekerja

3. Bekerja tanpa mengenal lelah

Saat seseorang sedang bekerja tentulah terkadang akan merasa jenuh dan lelah yang disebabkan banyaknya pekerjaan yang menumpuk. Namun, jika ambisi telah dimiliki oleh seseorang justru tidak akan merasakan lelah. Sebab rasa ingin mencapai tujuan dalam bekerja lebih besar dibandingkan rasa lelahnya.

3 Kerugian dari Sikap Ambisius

Selain memiliki keuntungan, sikap ambisius pun memiliki kerugian jika tidak mampu dikontrol dengan baik. Berikut ini beberapa kerugian dari sikap ambisius dalam dunia kerja.

1. Rentan dengan depresi

Orang yang memiliki ambisi tinggi dalam bekerja, jika apa yang diinginkan tidak tercapai maka akan menjadi depresi. Ambisi tersebut dapat mengganggu mentalnya sebab tidak mampu menerima kenyataan jika tujuan pekerjaannya gagal tercapai.

2. Muncul iri hati terhadap rekan kerja

Sikap iri dan dengki terhadap rekan kerja dapat muncul apabila misinya dalam bekerja tidak tercapai. Terlebih jika keadaan justru membuat rekan kerja yang mendapatkan apa yang diinginkan, maka akan timbul rasa iri hati pada rekan kerja.

3. Kerap Menjatuhkan orang lain

Ambisi yang tinggi jika tidak terkontrol akan membuat orang tersebut menjadi hilang kendali. Bahkan jika memiliki keinginan dalam suatu pekerjaan, misalnya kedudukan di suatu perusahaan tempat bekerja maka akan dengan beraninya menjatuhkan orng lain demi mendapatkan jabatan tersebut.

Berdasarkan penjelasan tadi, maka kita dapat memahami bahwa sikap ambisius memang dapat memiliki dampak positif dalam dunia kerja. Namun jika tidak terkontrol, maka akan memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikanlah diri ketika berada dalam dunia kerja agar tidak merasakan dampak negatif tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya