Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Sejumlah Kompensasi yang Umum Diterima Karyawan

Dunia kerja memang memiliki sejumlah hal yang menarik untuk diperbincangkan, di antaranya adalah perihal kompensasi. Jika selama Anda hanya mengetahui bahwa pekerja hanya akan menerima gaji tetap saja, maka sebaiknya Anda menambah kembali wawasan dunia kerja yang dimiliki.

Pekerja tidak hanya akan mendapatkan gaji tetap, namun juga akan mendapatkan sejumlah kompensasi dari tempat mereka bekerja. Lantas apa saja kompensasi yang dimaksud? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Sejumlah Kompensasi yang Umum Diterima Karyawan

5 Kompensasi Pekerja yang Umum Diterima Di Luar Gaji Tetap

Apa iya ada hal lain yang akan diterima oleh pekerja di luar gaji tetapnya? Tentu saja ada. Anda para pekerja memiliki hak dan kesempatan untuk menerima kompensasi sesuai dengan peraturan di tempat kerja Anda.

Paling tidak ada 5 jenis kompensasi yang umum diterima di luar gaji tetap, sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Biaya transportasi saat bekerja

Jenis kompensasi pertama yang akan diterima adalah biaya saat bekerja. Hal ini berlaku ketika Anda diharuskan untuk bepergian ke suatu tempat dalam rangka menuntaskan tanggung jawab pekerjaan.

Perusahaan seharusnya memberikan ongkos transportasi kepada Anda, sebab kepergian Anda merupakan bagian dari program kinerja perusahaan. Besar maupun kecil ongkosnya, maka Anda berhak untuk mendapatkan kompensasi tersebut.

2. Biaya konsumsi

Jenis kompensasi kedua yang umum diterima oleh para pekerja adalah biaya konsumsi. Biasanya setiap pegawai akan mendapatkan biaya konsumsi setiap harinya. Namun terkadang sistem pembayarannya berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan. Apakah Anda belum mendapatkannya? Sebaiknya segera pertanyakan.

3. Tanggungan Masalah Kesehatan

Secara harfiah setiap pekerjaan memiliki risiko kesehatannya tersendiri. Semakin besar risiko kesehatan yang akan dihadapi pekerja, maka akan semakin besar pulsa kompensasinya. Mengingat sekarang telah ada BPJS Ketenagakerjaan, maka kemungkinan kompensasi satu ini telah berada dalam program BPJS tersebut.

4. Kompensasi Akibat Pekerjaan Lembur

Lembur merupakan suatu keadaan Anda harus bekerja ekstra di luar jam kerja yang telah ditentukan. Umumnya ketika Anda harus melakukan pekerjaan seperti itu, perusahaan akan memberikan kompensasi, sebab jam kerja yang sudah melewati ketentuan awal. Biasanya semakin banyak Anda lembur, maka akan semakin besar pula kompensasi yang diterima.

5. Kompensasi Atas Penggunaan Barang Pribadi

Sudah menjadi ketentuannya bahwa setiap pekerjaan harus didukung dengan fasilitas yang memadai dan perusahaan harus menyediakan. Namun terkadang suatu kondisi tertentu membuat pekerja harus menggunakan barang pribadinya sebagai fasilitas kerja.

Jika kondisi ini Anda alami, maka Anda dapat mengklaim uang kompensasi, terlebih jika barang yang digunakan mengalami kerusakan atau membutuhkan perawatan.

Demikianlah beberapa jenis kompensasi yang umum diterima para pekerja di luar gaji pokok mereka. Semoga hal ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada Anda, sehingga akan lebih matang dalam beraktivitas dalam pekerjaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now