Membicarakan strategi pemasaran kedengarannya sederhana. Karena masih banyak juga orang-orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa promosi dan pemasaran adalah sesimpel mengiklankan di media dan menunggu calon konsumen.
Padahal strategi pemasaran merupakan sesuatu yang lebih kompleks dibanding itu. Apalagi di era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi.
Pemasaran di Era Digital
Di era digital ini model pemasaran lebih bervariasi. Tentunya akan lebih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Anda harus benar-benar bekerja keras menemukan strategi apa yang tepat untuk untuk perusahaan Anda.
Untuk mempermudahnya, berikut ini adalah strategi pemasaran efisien sebagai referensi untuk membantu bersaing di dunia digital.
1. Marketing cloud
Cloud marketing adalah semua upaya pemasaran secara digital, yang dipersonalisasi dan terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pembeli. Cloud Marketing juga adalah membawa semua sumber daya dan aset perusahaan ke dunia online.
Strategi ini merupakan bentuk dasar dari berjualan secara online. Berjualan online yang bertujuan untuk menjangkau konsumen dimanapun mereka berada, baik ketika mereka beraktivitas di media sosial, memeriksa e-mail atau mengunjungi website.
2. Marketing online
Online marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaat internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.
Hal ini bisa dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar postingan sederhana melalui media online.
3. Email marketing
Pemasaran jenis ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Biasanya pihak pemasar akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen setia.
Tujuannya adalah untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru, memberi update produk terbaru serta menjalin hubungan dengan konsumen setia.
4. Content marketing
Marketing model ini merupakan proses pemasaran dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen.
Konten-konten berupa foto, video, story, artikel, audio dan lain yang menarik, relevan dan bernilai merupakan kunci keberhasilan metode ini. Strategi ini sebaiknya dijalankan dengan metrik yang jelas, agar perusahaan dapat memantau apakah materi konten benar-benar efektif meningkatkan pemasaran.
5. Sosial marketing
Sosial media marketing ini merupakan kegiatan pemasaran produk atau layanan menggunakan platform media sosial. Selain search engine, konsumen juga cenderung mencari berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan melalui media sosial.
Maka datang kepada konsumen dan berinteraksi dengan mereka melalui platform media sosial memberikan dampak yang besar pada perkembangan bisnis.
Setelah mengetahui mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran di era digital, kini saatnya memilih mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. dan lihat seberapa efisien strategi tersebut bekerja.