Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips agar Tidak Tertular COVID-19 saat Keluarga Ada yang Positif

Pandemi COVID-19 memang memicu kekhawatiran di seluruh dunia, sebab dalam tempo sangat singkat virus ini sudah menyebar di berbagai negara dan membunuh jutaan orang. Siapa saja bisa terinfeksi oleh virus ini apalagi jika kondisi lingkungan tempat tinggal maupun pekerjaan tergolong memberi resiko tinggi untuk terinfeksi.

Tips agar Tidak Tertular COVID-19 saat Keluarga Ada yang Positif

Tips Tidak Tertular saat Keluarga Ada yang Positif Corona

Berhubung semua orang memiliki potensi untuk terinfeksi, maka tidak tertutup kemungkinan diri sendiri atau salah satu anggota keluarga akan terkena. Jika ada keluarga yang positif COVID-19, maka lakukan beberapa tips berikut agar tidak ikut terinfeksi atau tertular:

1. Siapkan Ruangan Khusus dan Terpisah

Berdekatan secara fisik dengan orang yang positif corona memang meningkatkan resiko untuk tertular. Jika orang lain yang terkena mungkin tidak sulit untuk menghindari tatap muka langsung selama minimal 14 hari. Namun, bagaimana jika yang terkena adalah keluarga sendiri yang tinggal satu atap.

Sebagai upaya untuk mencegah penularan dari keluarga yang sudah positif, maka dianjurkan untuk menyiapkan ruang khusus. Ruang ini nantinya hanya bisa dimasuki oleh keluarga yang positif tadi, misalnya saja kamar khusus. Penderita bisa istirahat, makan, dan melakukan aktivitas apapun terbatas di ruang tersebut.

Jika memungkinkan, penderita juga diberi kamar mandi terpisah yang khusus dipakai olehnya sendiri. Namun jika di rumah hanya tersedia satu kamar mandi maka solusinya adalah membuka pintu dan ventilasi usai dipakai penderita. Jangan langsung masuk namun diberi jeda paling tidak tiga jam.

2. Ventilasi Rumah Terbilang Bagus

Memastikan rumah memiliki ventilasi udara yang baik juga bisa menekan resiko tertular dari keluarga yang sudah positif. Idealnya rumah memiliki ventilasi antara 40-60% supaya aliran udara segar terbilang baik. Ventilasi juga bisa menghindari kelembaban berlebih, sebab kelembaban yang terlalu tinggi akan membuat COVID-19 bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, seluruh anggota keluarga juga perlu memakai masker selama beraktivitas di dalam rumah. Sebab penularan COVID-19 dari droplets penderita, yang jika tersentuh lalu berpindah ke mulut dan hidung maka resiko ikut terkena semakin besar. Maka selain memperhatikan ventilasi, penting sekali bagi seluruh keluarga untuk memakai masker.

3. Rutin Membersihkan Seluruh Bagian Rumah

Menjaga kebersihan seluruh bagian rumah juga wajib untuk dilakukan, sebab bisa jadi virus menempel di pintu, lantai, wastafel, dan sebagainya. Maka perlu rutin dibersihkan memakai cairan desinfektan. Opsional lain adalah memakai deterjen ataupun cairan pencuci piring jika kesulitan mendapatkan desinfektan tadi. Gunakan lap untuk mengusap seluruh permukaan benda, sehingga bisa membunuh virus corona yang berhasil menempel.

Melakukan berbagai antisipasi di atas akan membantu menurunkan resiko ikut terinfeksi COVID-19. Sehingga penting untuk dijalankan, supaya tetap aman dan bisa tetap merawat keluarga yang sudah positif tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now