Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Aman Melakukan Transaksi Secara Online

Saat ini sangat marak sekali jual beli dilakukan secara online sehingga menyebabkan segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksinya juga dilakukan secara online. Memang terkesan lebih mudah dibandingkan dengan cara manual sebab tak harus mengunjungi toko tersebut namun sudah bisa membeli barang yang diinginkan.

Hal tersebut sangatlah berdampak positif bagi kehidupan, akan tetapi dibalik itu semua tentu juga ada dampak negatif yang kemungkinan akan dialami oleh para konsumen. Pasalnya banyak sekali yang memanfaatkan momen ini sebagai ajang penipuan, sehingga akan ada kerugian yang dialami konsumen. Agar tidak merugi, perhatikan tips bertransaksi online secara aman berikut ini.

Tips Aman Melakukan Transaksi Secara Online

4 Tips Aman Melakukan Transaksi Online Secara Aman

Adanya toko-toko online yang beredar sangatlah memudahkan dalam melakukan transaksi jual beli sebab waktu dan tempat sangatlah fleksibel dan tidak harus susah-susah untuk ke luar rumah. Namun dibalik kemudahan-kemudahan tersebut tentu ada beberapa hal yang sangat merugikan, seperti salah satunya penipuan secara online. Oleh sebab itu sebelum melakukan transaksi online lebih baik ikuti tips di bawah ini agar tetap aman dan tidak terjadi penipuan.

1. Lakukanlah transaksi dengan pembayaran secara COD

Tips paling ampuh melakukan transaksi online adalah dengan melakukan pembayaran dengan cara COD. COD merupakan kependekatan dari Cash On Delivery, dimana saat kita membeli barang secara online maka akan dibayar secara langsung dan bertatap muka dengan pihak kurir jika barang telah sampai.

2. Jika ingin berbelanja online hindari wifi gratis

Hindari penggunaan wifi gratis jika ingin melakukan belanja secara online sebab data-data pribadi dapat terbaca secara oleh pihak yang mengelola wifi. Bahkan mereka dapat mencuri data-data pribadi yang dimiliki dan tentunya itu sangat berbahaya jika akan melakukan transaksi online.

3. Berbelanjalah pada situs yang terpercaya

Cara membuktikan situs online tersebut resmi atau tidak bisa dengan cara melihat ulasan-ulasan terdahulu mengenai situs tersebut. Lihatlah ulasan-ulasan yang diberikan para konsumen yang terdahulu apakah mereka menyatakan bahwa situs tersebut bisa dipercaya atau tidak, lalu bagaimana respon para konsumen apakah mereka merasa puas atau tidak.

4. Deskripsi produk yang detail

Sebelum melakukan transaksi online sebaiknya perhatikan dengan seksama deskripsi produk secara detail agar tidak salah membeli produk. Sebab biasanya transaksi yang dilakukan secara online barang tidak dapat dikembalikan, oleh sebab itu berhat-hatilah selalu dalam melakukan transaksi tersebut.

Demikianlah beberapa tips melakukan transaksi online secara aman agar terhindar dari penipuan yang telah direncanakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga transaksi online dapat terus berjalan dengan lancar dan tidak ada pihak yang dirugikan sama sekali. Selamat bertransaksi dan pastikan bahwa transaksi benar-benar dilakukan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now