Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Cegah Microsleep Saat Berkendara

Berkendara terutama dengan jarak cukup jauh pastinya membutuhkan kondisi fisik dan stamina prima supaya perjalanan nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Salah satu risiko yang mungkin terjadi ketika berkendara adalah serangan microsleep atau tertidur sejenak.

Hal ini tentu sangat berbahaya baik bagi pengemudi ataupun orang lain di jalanan tersebut. Bahkan, tak jarang microsleep menjadi penyebab kecelakaan yang merenggut korban jiwa. Inilah mengapa Anda sebaiknya memahami beberapa tips supaya bisa mencegah serangan microsleep saat berkendara supaya perjalanan aman dan nyaman.

Tips Cegah Microsleep Menyerang Saat Berkendara

Cegah Microsleep saat Berkendara

Microsleep bisa menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Ketika seseorang tertidur dalam waktu singkat bisa membuat pengendara terkejut saat bangun. Hal ini bisa memicu pengendara jadi kehilangan kendali dan kecelakaan terjadi. Hal inilah yang sebaiknya diwaspadai para pengendara.

Ada beberapa tips mencegah microsleep yang terbagi dalam dua bagian yaitu persiapan sebelum berkendara dan ketika berkendara.

1. Persiapan Sebelum Berkendara

Untuk mencegah microsleep menyerang, sebelum berkendara terutama untuk menempuh perjalanan jauh, pastikan pengendara memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas. Hal ini penting dilakukan supaya selama perjalanan, pengendara tidak mudah lelah dan mengantuk.

Selain itu, sebelum berkendara penting juga memperhatikan asupan makanannya. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang cukup sehingga kondisi kesehatan selama berkendara pun baik.

Penting juga melakukan pengecekan kondisi kesehatan sebelum berkendara jauh guna memastikan kondisi tubuh sehat dan bugar.

2. Saat Berkendara

Langkah lain yang perlu dilakukan untuk mencegah microsleep adalah bagaimana saat berkendara. Saat berkendara, pengemudi hendaknya beristirahat sejenak minimal setiap dua jam sekali.

Tidak perlu menunggu hingga dua jam perjalanan untuk beristirahat, namun ketika pengendara sudah menunjukkan tanda-tanda lelah maka hendaknya segera menepi. Istirahat selama 15 menit saat berkendara penting untuk meregangkan badan supaya tidak letih dan terasa bugar kembali.

Selain itu, penting juga membuat suasana nyaman ketika berkendara sehingga tidak mudah merasa bosan yang akhirnya mengantuk. Salah satunya dengan memutar lagu favorit, menyalakan radio, ataupun lainnya yang sekiranya bisa membuat pengendara merasa nyaman saat berkendara.

Pastikan memperbanyak konsumsi air putih selama perjalanan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab berkurangnya konsentrasi sehingga memicu rasa kantuk.

Beberapa tips di atas bisa meminimalisir terjadinya microsleep yang memang seringkali dialami para pengendara terutama ketika berkendara jarak jauh. Langkah pencegahan sebaiknya dimulai dari persiapan akan berkendara serta selama berkendara.

Ketika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda lelah, pastikan untuk segera menepi dan beristirahat. Jangan pernah memaksakan diri karena hal ini bisa berakibat fatal yang tak hanya bisa membahayakan diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya