Tips Memilih Aplikasi Pembayaran Digital Aman Tepercaya

aplikasi-pembayaran-digital

Dengan perkembangan jaman dan juga teknologi yang semakin pesat sangat berpengaruh dengan pola hidup yang ada. Saat ini banyak tersedia pembayaran yang tidak perlu lagi menggunakan uang tunai. Salah caranya dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital. Kamu tidak perlu menggunakan uang tunai untuk membayar keperluan dan berbagai tagihan lagi. Cukup gunakan satu aplikasi berbagai masalah pembayaran dapat teratasi. 

Tips Memilih Aplikasi Pembayaran Digital

Apapun hal berhubungan dengan masalah keuangan atau pembayaran sangatlah sensitif dan rawan tindak kejahatan. Begitu pula dengan penggunaan aplikasi pembayaran harus penuh dengan kehati-hatian. Berikut ini tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih aplikasi yang aman dan tepercaya:

1. Pilih aplikasi yang sudah memiliki lisensi

Sebuah lembaga atau layanan keuangan terbilang aman jika sudah memiliki lisensi atau ijin dari OJK atau Bank Indonesia. Dengan begitu kita tahu bahwa aplikasi yang kita pilih telah melewati penilaian ketat dari lembaga yang berwenang dan telah memenuhi kriteria. Kita dapat menilai apakah sudah terdaftar atau belum dari prosedur operasi yang dimiliki. Apakah sudah sesuai dengan standart yang diberikan oleh BI atau belum. 

Setidaknya ada 3 jenis lisensi, yaitu PCI-DSS, ISO dan AES. Untuk PCI-DSS merupakan sebuah lisensi yang menyatakan bahwa aplikasi pembayaran telah memenuhi standart keamanan data yang tinggi. Kemudian ISO, yaitu sebuah standart internasional yang menetapkan ketentuan mendirikan, menjalankan dan memajukan keamanan sistem manajemen. Yang ketiga adalah AES / Advanced Encryption StMerchantrd adalah sebuah lisensi yang memastikan bahwa organisasi melindungi data dari pencurian.

2. Memiliki pelayanan customer service 24 jam 

Tips kedua yaitu pastikan aplikasi yang kamu pilih memiliki pelayanan customer servise selama 24 jam. Karena sistem pembayaran digital tentunya dapat digunakan selama 24/7. Sehingga dapat digunakan kapanpun, baik pagi, siang, sore ataupu malam. Dengan begitu jika terjadi sebuah kendala dalam sebuah transaksi, kamu dapat menghubungi customer service dan mendapatkan fast respon. 

3. Memiliki tampilan interface yang simpel

Tips berikutnya yaitu memiliki tampilan menu atau interface yang simpel dan mudah dipahami. Dengan begitu pengguna baru tidak akan bingung untuk menggunakannya. Cara atau tahapan bertransaksi juga mudah dilakukan sehingga mampu meminimalkan kesalahan.

4. Pertimbangkan harga 

Dengan pola kehidupan baru tentunya mendatangkan banyak persaingan dan banyak pendatang aplikasi baru. Dengan begitu persaingan harga akan terjadi sangat ketat. Penting buat anda untuk benar-benar memperhatikan hal ini. Jangan hanya tergiur dengan harga murah, tetapi pertimbangkan juga biaya lainnya. Seperti biaya pendaftaran, biaya transaksi atau terkadang ada biaya hidden fee yang perlu kita cari tahu terlebih dahulu.

5. Menawarkan banyak promo dan diskon

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang menginginkan potongan harga atau bonus tertentu untuk dapat menghemat pengeluaran bulanan. Kamu dapat memilih aplikasi pembayaran digital dengan penawaran banyak promo dan diskon. Dengan begitu dapat memangkas jumlah uang yang kamu butuhkan untuk melakukan pembayaran.

6. Pilih aplikasi dengan banyak fitur

Dengan memilih aplikasi pembayaran digital yang memiliki banyak fitur, tentunya akan banyak pula keperluan pembayaran yang terselesaikan. Seperti pembayaran untuk berbagai tagihan, misalnya tagihan listrik PLN, air PDAM, internet, asuransi, telepon pascabayar, TV berlangganan dan sebagainya. Kemudian pelayanan pembelian pulsa dan paket data, token, voucher game, top up e-commerce, e-wallet dan sebagainya. Serta dapat digunakan untuk sistem pembayaran offline menggunakan barcode pada restoran atau tempat tertentu.

Itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan aplikasi pembayaran digital dengan banyak manfaat dan kegunaan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembayaran

Menggunakan sesuatu yang baru untuk pola hidup yang baru tentunya memberikan banyak keuntungan bagi kita. Tidak terkecuali dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat kamu rasakan, diantaranya:

  • Transaksi dilakukan dengan cepat dan aman

Dengan penggunaan aplikasi digital tentunya kita tidak memerlukan uang tunai, sehingga tidak mengundang tidak kejahatan. Terlebih jika pembayaran yang kita lakukan dalam jumlah yang besar tentu lebih aman. Selain aman, transaksi dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Tidak memakan banyak waktu dan sangat efisien buat kamu yang memiliki kesibukan tinggi. 

  • Tidak perlu memikirkan uang kembalian

Ketika kamu berbelanja menggunakan uang tunai dan jumlah uang yang kamu miliki lebih besar tentunya akan membutuhkan uang kembalian. Dan hal yang ditakutkan adalah jumlahnya yang tidak sesuai. Baik kurang maupun lebih tetap akan merugikan kedua belah pihak. Dengan penggunaan aplikasi pembayaran, saldo akan dipotong sesuai jumlah yang harus dibayarkan. 

  • Lebih mudah mengatur pengeluaran uang

Setiap transaksi yang kamu lakukan secara otomatis akan terdaftar pada sistem. Baik dalam jumlah yang besar atau yang kecil sekalipun. Kamu dapat melihatnya kapan saja dan dimana saja dan menghitungnya dengan baik tanpa takut ada yang terlewatkan. Dengan begitu akan lebih mudah mengatur pengeluran uang untuk hal yang kurang penting. 

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang dapat kamu nikmati dan memberikan dampak positif. Seperti mengurangi peredaran uang palsu, lebih banyak promo serta menghemat waktu, tenaga dan biaya. Wijaya Komunika Payment (WiPay) merupakan sebuah aplikasi pembayaran digital dengan banyak produk. Diantaranya pulsa, paket data, voucher game, token PLN, PPOB dan banyak lagi. Dengan harga murah dan kecepatan yang dapat diandalkan membuatnya sangat potensial menjadi partner bisnis.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?